nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TOP FOOD 2: Trik Tepat Mengolah 4 Super Food

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2016 21:48 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 04 298 1506096 top-food-2-trik-tepat-mengolah-4-super-food-oM22AxGDCX.jpg Super food kembang kol (Foto: dailymeal)

SEIRING perkembangan zaman, kini semakin banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya menjaga pola hidup sehat. Salah satu yang paling berpengaruh adalah lewat konsumsi makanan.

Kini banyak super food atau makanan kaya nutrisi yang kerap jadi santapan karena tingginya nilai zat baik yang dibutuhkan tubuh. Tapi banyak juga orang yang tidak tahu bagaimana cara menyantap dan mengolahnya.

Dilansir dari TheDailyMeal, Selasa (4/10/2016), berikut empat super food dan cara mengolahnya hingga menjadi hidangan yang sedap dan sehat untuk disantap.

Apel

Apel sudah lama dikenal sebagai dokter buah, banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah ini. Keseimbangan kandungan gula alami serta tingginya serat membuat apel bisa dijadikan makanan yang menghasilkan energi alami dengan cepat. Apel bisa disantap dengan berbagai bentuk mulai dimakan langsung, dipanggang, dijadikan campuran dalam pie, dibuat keripik, selai hingga bahan baku pembuatan strudel.

Kubis Brussel

Kubis brusel jadi salah satu sayuran yang tidak disukai anak-anak padahal kandungannya cukup mencengangkan. Kubis brusel memiliki kalori yang rendah namun kandungan vitamin C-nya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari. Kubis brussel bisa diolah dnegan cara dipanggang, dijadikan campuran salad ataupun diolah dalam sajian sup.

Kembang kol

Kembang kol yang paling populer di dunia kuliner adalah yang memiliki warna putih, namun di pasaran banyak terdapat varietas kembang kol yang berwarna oranye, hijau dan ungu. Semuanya memiliki keunggulan kandungan nutrisi yang berbeda. Kembang kol bisa diolah dengan berbagai teknik pemasakan namun hindari memasak kembang kol dengan cara merebusnya karena akan membunuh nutrisi. Sebagai alternatif, Anda bisa mengolah kembang kol dengan cara mengukus atau memanggangnya.

Ubi jalar

Ubi memang termasuk makanan yang murah namun kandungan nutrisinya tidak bisa diragukan. Ubi mengandung beta karoten dan vitamin A yang dibutuhkan tubuh. Banyak cara mengolah ubi jalar menjadi makanan lezat, beberapa diantaranya justru hanya memerlukan teknik sederhana seperti mengukus atau memanggangnya.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini