nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebiasaan Turis Tiongkok saat Berlibur yang Tak Pernah Terungkap

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2016 00:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 04 406 1506150 kebiasaan-turis-tiongkok-saat-berlibur-yang-tak-pernah-terungkap-kj1BrCSuww.jpg Kebiasaan turis Tiongkok saat liburan (Foto: Shanghaiist)

WISATAWAN Tiongkok kerap berlibur ke seluruh negara yang disukai, ada kebiasaan wisatawan Tiongkok yang tak pernah terungkap. Inilah kebiasaan tersebut!

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Alitrip, 31 persen wisatawan asal Tiongkok akan merasa aman, jika membawa puluhan bungkus mi instan ketika travelling ke luar negeri. Sedangkan 58 persen lainnya memilih untuk membeli makanan di daerah tujuan mereka.

Terlebih lagi dalam masa Golden Week ini, di mana 589 juta wisatawan diprediksi akan berlibur di seluruh daratan Tiongkok, dan 6 juta lainnya akan berlibur ke luar negeri, seperti ke Korea Selatan, Thailand dan Jepang.

Berdasarkan perhitungan yang dilakukan oleh tim Shanghaiist, setidaknya 2 juta bungkus mie instan ikut diboyong ke luar negeri.

Mie instan memang menjadi pilihan yang populer di kalangan wisatawan Tiongkok. Selain untuk menekan biaya akomodasi yang cukup mahal, mengkonsumsi mi instan juga dapat menghindari mereka dari jebakan beberapa restoran ‘nakal’, yang kerap memasang biaya lebih tinggi kepada para wisatawan asing.

Menanggapi kebiasaan ini, pada 2013 lalu resor mewah di Maladewa, menolak untuk menyediakan air panas untuk para wisatawan Tiongkok.

Hal tersebut ternyata mendapat perhatian lebih dari Presiden Tiongkok, Xi Jinping. Ia menghimbau para wisatawan Tiongkok “untuk mengurangi konsumsi mi instan yang berlebihan dan mulailah untuk mengkonsumsi makanan laut lokal,” demikian dilansir Shanghaiist, Rabu (5/10/2016).

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini