nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ketahui Jenis-Jenis Pengobatan Hepatitis B

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2016 09:16 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 04 481 1505477 ketahui-jenis-jenis-pengobatan-hepatitis-b-CoA2dt4GVJ.jpg Ilustrasi (Foto: Bt)

PERINGATAN Pekan Peduli Hepatitis B dirayakan setiap pekan kedua Oktober. Anda mungkin harus tahu gambaran secara umum apa itu hepatitis dan bagaimana hepatitis B, karena ini adalah salah satu bentuk penyakit hati yang banyak diidap masyarakat.

Hepatitis akibat infeksi virus diklasifikasikan ke dalam hepatitis A, B, C, D, dan E. Hepatitis A adalah versi ringannya, sedangkan hepatitis D lebih parah. Hepatitis A dan E biasanya ditularkan melalui makanan yang terkontaminasi. Sedangkan, hepatitis B, C, dan D umumnya ditularkan melalui darah.

Jenis-jenis hepatitis tersebut dapat berupa akut atau kronis seperti jenis hepatitis B dan C. Pilihan pengobatan bervariasi tergantung pada bentuk didiagnosis hepatitis dan apa yang menyebabkannya, dilansir dari Healthline, Selasa (4/10/2016).

Hepatitis B akut tidak memerlukan pengobatan khusus. Hepatitis B kronis diobati dengan obat anti-virus. Bentuk pengobatan terbilang mahal, karena pengobatan harus diikuti selama beberapa bulan atau tahun.

Pengobatan untuk hepatitis B kronis juga membutuhkan evaluasi medis yang teratur dan pemantauan untuk menentukan apakah virus ini mengalami kemajuan. Hepatitis jenis ini dapat dicegah dengan imunisasi, yang sangat dianjurkan untuk diberikan kepada bayi yang baru lahir.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini