Dokter Harus Resepkan Liburan agar Pasien Cepat Sembuh

Erika Kurnia, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2016 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 04 481 1505660 dokter-harus-resepkan-liburan-agar-pasien-cepat-sembuh-3BF6EqtfL3.jpg Ilustrasi (Foto: Healthline)

PERGI berlibur bisa membantu kita menenangkan pikiran dan lebih santai. Efek dari berlibur bahkan bisa membantu menyembuhkan beberapa kondisi perburukan kondisi fisik. Bahkan ini perlu diresepkan oleh dokter, kata para peneliti.

Para ilmuwan percaya bahwa berada di lingkungan yang merangsang rasa ingin tahu bisa membantu mengisi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Studi, yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah Frontiers in Immunology, ini dilakukan dengan tes laboratorium pada tikus yang sakit.

Selama dua minggu, tikus percobaan dipindahkan ke kandang yang lebih besar dari sebelumnya dan dipenuhi dengan mainan. Lingkungan yang menarik seperti itu ditemukan mampu meningkatkan sel-sel darah putih yang berperan melawan infeksi.

"Efek ini luar biasa karena kami bahkan tidak memberi mereka obat-obatan. Semua yang kita lakukan adalah mengubah kondisi tempat tinggal mereka,” kata Profesor Fulvio D'Acquisto, dari Queen Mary University of London, di Inggris, dikutip dari Dailymail, Selasa (4/10/2016).

Sel darah putih merupakan kunci untuk penyakit auto-imun seperti rheumatoid arthritis dan multiple sclerosis. Profesor D'Acquisto menyarankan liburan sebagai obat yang bisa diresepkan untuk membantu orang sakit pulih lebih cepat.

“Bagaimana jika dokter mampu mengubah lingkungan pasien dan memberikan resep liburan selama dua minggu atau menyarankan pindah ke lingkungan baru dan lebih baik untuk meningkatkan efek pengobatan standar yang berhubungan dengan mekanik infeksi. Ini bisa menjadi pendekatan yang menjanjikan untuk mengobati penyakit kronis," peneliti menyimpulkan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini