Moms, Ini Jenis MPASI Bergizi Selain Nasi

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 04 Oktober 2016 19:54 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 04 481 1506174 moms-ini-jenis-mpasi-bergizi-selain-nasi-hDnyr2Ecva.jpg Ilustrasi (Foto: Amusingtime)

BAYI usia enam bulan sudah menerima makanan pendamping ASI (MPASI). Sejak dini seorang ibu harus mengenalkan kombinasi banyak makanan yang sehat dan bernutrisi.

Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS mengatakan, bayi seharusnya sudah diperkenalkan aneka ragam pangan. Tapi dalam pemberian menu MPASI tidak boleh melewatkan gizi yang dibutuhkan si kecil.

"MPASI berbahan dasar ubi ungu bisa diberikan kepada bayi. Ubi termasuk pangan karbohidrat non-nasi yang sehat dan kaya nutrisi," terang Prof Ali saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Senin, 3 Oktober 2016.

Dia menambahkan, ada pula beberapa jenis makanan yang bisa diberikan kepada bayi usai enam hingga sembilan. Kombinasi makanan pokok harus dicampur dengan sayuran dan buah yang diolah ke dalam bentuk bubur.

"Bayam, labu kuning, ubi ungu, wortel, brokoli, pisang, apel dan alpukat biasanya yang paling mudah dan sehat dimakan bayi sebagai menu MPASI," imbuhnya.

Setiap hari, kombinasi makanan tersebut harus beragam agar si kecil mengenal aneka rasa dari menu MPASI. Terlebih, diharapkan ketika besar nanti, buah hati Anda doyan makan sayur dan buah-buahan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini