Fakta Manfaat Nanas untuk Masakan, Selain Empukkan Daging

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2016 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 05 298 1506683 fakta-manfaat-nanas-untuk-masakan-selain-empukkan-daging-FX1rYYm4Xd.jpg Manfaat nanas selain mengempukkan daging (Foto: Kokikutv)

NANAS termasuk jenis buah yang kerap juga ditambahkan sebagai bahan masakan baik sebagai penambah rasa maupun sebagai bahan pengolahan. Buah tropis ini memiliki banyak manfaat, apa saja manfaat si buah kuning ini?

Dilansir dari HomeCooking, Rabu (5/10/2016), nanas memiliki banyak kegunaan yang bisa dimanfaatkan di dapur. Kandungan enzim bromelain pada nanas membuat buah ini kerap dijadikan bahan alami untuk mengempukkan daging. Tambahkan sejumlah potongan nanas pada daging lalu diamkan beberapa saat untuk membuat daging juicy saat diolah.

Rasa nanas yang asam, manis dan segar juga memberi efek rasa yang menarik jika ditambahkan dalam masakan. Jus nanas bukan hanya segar diminum saat siang hari, tapi jus ini memiliki manfaat lain yakni mencegah oksidasi pada buah.

Blender nanas hingga menjadi cairan lalu gunakan sebagai bahan untuk mencegah buah menjadi browning atau cepat menghitam, misalnya pada potongan apel, alpukat atau pisang.

Beberapa koki menyarankan untuk memotong bonggol daun nanas dan membiarkan nanas berdiri terbalik selama setengah jam, hal ini untuk membuat jus nanas menyebar sehingga tingkat kemanisannya merata di seluruh daging nanas.

Bagian tulang nanas yang berada di tengah biasanya dibuang begitu saja, padahal sebenarnya tulang nanas memiliki manfaat. Potong menjadi bagian yang kecil dan panjang lalu gunakan sebagai pengaduk alami untuk minuman.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini