Nanas Tidak Bisa Gantikan Jeruk untuk Beri Rasa Asam pada Masakan

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2016 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 05 298 1506900 nanas-tidak-bisa-gantikan-jeruk-untuk-beri-rasa-asam-pada-masakan-WvBnPRBM0d.jpg Nanas tidak bisa gantikan fungsi jeruk (Foto: Skylightmo)

SEBAGAI buah tropis, nanas memiliki rasa asam yang dominan meski diselingi rasa manis. Banyak orang berdebat soal nanas, banyak orang menganggap nanas bisa menggantikan peran jeruk sebagai pengganti rasa asam. Apakah nanas benar-benar bisa menggantikan jeruk?

Dilansir dari OneGreen Planet, Rabu (5/10/2016), nanas tidak bisa sepenuhnya menggantikan rasa asam yang dihasilkan jeruk, lemon atau jeruk nipis. Secara teknis nanas berasal dari varietas yang berbeda dengan jeruk. Nanas berasal dari keluarga Bromeliacae sementara jeruk berasal dari family Rustaceae.

Tanaman jeruk berasal dari pohon yang beranting dan jeruk tumbuh pada batang-batangnya, sementara nanas tumbuh dan besar dari tunas. Nanas memang memiliki kandungan asam sitrat tapi dengan jumlah yang tidak sebanyak buah jeruk.

Nanas tidak benar-benar bisa mengganti peran jeruk namun tambahan nanas pada masakan menghasilkan rasa asam tipis. Tapi jika ditambahkan dalam minuman, nanas bisa menjadi rasa dominan tergantung jumlah yang ditambahkan.

Kandungan asam sitrat pada nanas bukan hanya bisa menghasilkan rasa tetapi bisa membantu untuk memperlambat proses browning pada buah-buahan. Memberi perasan jus nanas pada potongan apel sama saja seperti memeraskan air jeruk lemon, apel akan tetap terlihat cerah meski didiamkan dalam suhu ruang dalam jangka waktu cukup lama.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini