Mengapa Makan Nanas Harus Ditambahkan Garam? Ini Jawabnya

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2016 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 05 298 1506938 mengapa-makan-nanas-harus-ditambahkan-garam-ini-jawabnya-jFQ12kNnAW.jpg Makan nanas harus ditambahkan garam (Foto: Abc)

NANAS merupakan salah satu buah yang punya rasa manis, asam dan segar. Tapi tahukah Anda bahwa nanas bisa berubah manis ketika ditambahkan garam?

Penjelasan mengenai perubahan rasa dari buah nanas menjadi manis itu disebabkan karena rangsangan indera perasa yang sampai ke otak. Seperti diketahui, kita sudah kenal lima rasa yang dapat dideteksi lidah. Seperti manis, asam, asin, pahit dan umami (gurih).

"Rasa manis itu datang karena interaksi antara selera," ungkap Dr Russell Keast, ilmuwan sensorik dan chef dari Deakin University.

Kata dia, buah nanas itu punya komponen rasa yang kompleks. Dalam hal ini, kita bisa melihat bagaimana tiga cita rasa berinteraksi dan menimbulkan rasa dominan. Dimulai dengan rasa pahit (nanas punya unsur pahit) dan manis yang bisa menekan satu sama lain. Misalnya saja pada sajian kopi yang dicampur gula.

Jika keduanya berpadu, maka rasa yang dihasilkan adalah kopinya jadi lebih manis dan rasa pahitnya sedikit berkurang. "Ini cara kita mengolah rasa. Otak akan mengirim sinyal bahwa kita merasakan manis dan pahit bersamaan," ucapnya.

Hal ini juga berlaku pada garam dan nanas. Seperti diketahui, garam terbuat dari natrium klorida. Senyawa tersebut dapat meminimalisir rasa pahit dari makanan yang dipadukan.

Sehingga jika Anda menambahkan garam ke buah nanas. Maka natriumnya dapat menghilangkan unsur pahit yang ada di dalamnya. "Ini adalah sesuatu yang terjadi di lidah. Sinyal rasa pahit sudah diredam oleh garam," jelas dia.

Dengan begitu, rasa pahit yang sudah diredam dapat menekan rasa manis untuk lebih dominan. Sehingga, nanas yang dicampur garam rasanya akan terasa manis.

Selain itu ada rincian kimiawi yang dijabarkan ahli pangan Dr Hannah Williams dari Curtin University of Technology. Dikutip Abc, Rabu (5/10/2016). Natrium klorida yang larut pada buah nanas akan pecah dan berubah jadi ion natrium dan klorida. Ion tersebut kemudian bereaksi dengan asam malat dan sitrat yang ada pada nanas untuk membentuk garam natrium netral.

Senyawa asam yang sudah diubah menjadi netral. Maka cita rasanya tidak lagi asam, sehingga rasa asam pada nanas hilang dan tinggal rasa manis yang tersisa. Ini yang membuat nanas rasanya manis ketika ditambah garam. Mau coba di rumah?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini