Share

Siapakah yang Paling Berhak Mengatur Keuangan Rumah Tangga?

Vessy Frizona, Okezone · Jum'at 07 Oktober 2016 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 07 196 1508991 siapakah-yang-paling-berhak-mengatur-keuangan-rumah-tangga-fTy2lmnWUJ.jpg Pasutri (Foto: Mutualofomaha)

SIAPA yang paling berhak mengatur keuangan rumah tangga? Istri atau suami? Ya, bicara soal uang memang tak pernah ada habisnya. Di satu sisi, istri merasa paling berhak karena merekalah yang tahu soal kebutuhan rumah tangga.

Sementara, di sisi lain suami juga merasa punya hak karena dia yang mencari nafkah dan bertanggung jawab atas kebutuhan keluarga. Psikolog Klinis, Veronica Adesla mengatakan, sejauh ini tidak ada hukum atau dokma yang menyatakan secara sah bahwa mengelola keuangan merupakan hak istri atau suami.

“Pengelola keuangan rumah tangga dilakukan pada orang yang paling mampu mengelolanya dengan baik dan bijak,” ujar Veronica ketika berbincang dengan Okezone, beberapa waktu lalu.

Berdasarkan pengalamannya menghadapi pasien, ada pria yang jujur mengakui kalau dia tak bisa mengelola uang dengan baik. Sehingga, dengan besar hati ia menyerahkan kepada istri uangnya untuk dikelola dengan baik.

“Karena si pria sadar kalau dirinya boros. Sedangkan, si istri dia lihat mampu mengelola pendapatannya sendiri untuk memenuhi kebutuhan, investasi, dan menabung untuk membeli mobil,” sambung psikolog jebolan Universitas Tarumanegara ini.

Oleh sebab itu, sarannya, kalau tujuannya adalah membangun rumah tangga agar berjalan dengan baik, bisa bertahan, dan berkembang memenuhi tujuan pernikahan, maka serahkanlah kepada yang paling mampu.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini