nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kesuksesan Kopi Vietnam Itu karena Indonesia!

Dinno Baskoro, Jurnalis · Jum'at 07 Oktober 2016 19:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 07 298 1509138 kesuksesan-kopi-vietnam-itu-karena-indonesia-W19uIR1Hoz.jpg Kesuksesan kopi vietnam karena Indonesia (Foto: Shutterstock)

VIETNAM masih terbilang pemain baru dalam industri kopi dunia. Namun kini produksi dan popularitasnya kian memuncak, bahkan di dalam daftar produksi kopi terbesar, Vietnam menduduki peringkat 2 setelah Brasil.

Tahukah Anda, ternyata kesuksesan kopi di Vietnam itu karena Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Tri Yuni Kurniasih, seorang ahli kopi yang sudah 25 tahun bergelut dalam dunia kopi.

“Vietnam memang terbilang baru, tapi jumlah produksi langsung unggul bahkan mendekati Brasil, melewati Kolombia dan Indonesia,” jelasnya di Jakarta.

Katanya, lepas dari masa penjajahan. Vietnam berusaha untuk membangun perekonomian negaranya. Pemerintah Vietnam berusaha mencari komoditi unggulan akhirnya terpilih kopi.

Singkat cerita pada 1986 dimana kopi belum begitu dilirik banyak pemain bisnis dunia. Penggiat kopi dari Vietnam datang ke Indonesia untuk diajarkan segala macam tentang kopi. Bagaimana kopi bisa tumbuh hingga dikembangkan dengan baik.

Bagaimana proses pengolahan kopi mulai dari tanam, panen, mengolah sampai kopi siap dinikmati. Karena tipikal orang Indonesia yang ramah dan senang dengan kedatangan orang Vietnam yang ingin belajar kopi, alhasil penggiat kopi Tanah Air pun berbagi ilmu dengan penggiat kopi dari Vietnam.

“Pada saat itu mereka kita bawa ke Lampung untuk belajar kopi dan mayoritas yang dipelajari itu kopi robusta,” ucapnya.

Kemudian pada 1994, penggiat kopi dari Vietnam kembali datang ke Indonesia untuk belajar kopi. Kala itu mereka di ajak ke Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) di Jember, Jawa Timur.

Di sana, penggiat kopi Indonesia kembali berbagi ilmu mengenai kopi. Sampai pada akhirnya, pemerintah Vietnam menggojlok produksi kopi di negaranya agar bisa jadi komoditi andalan hingga produktivitasnya melesat.

“Tiba-tiba Vietnam sangat maju dengan produksi kopinya. Dari data yang dihimpun, mereka bisa menghasilkan 3 ton kopi perhektar dan jadi nomor 2 untuk jumlah produksi kopi di dunia,” tutup dia.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini