nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Proses Roasting Menentukan Cita Rasa Kopi

Dinno Baskoro, Jurnalis · Minggu 09 Oktober 2016 13:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 07 298 1509256 proses-roasting-menentukan-cita-rasa-kopi-U0MpDSIoF1.jpg Biji kopi (Foto: Takefivecoffee)

TAK hanya bibit dan di mana tanaman kopi tumbuh yang membuat cita rasanya nikmat. Untuk proses roasting pun dapat menentukan cita rasa kopi.

Proses roasting atau lebih ringkas disebut tahap pemanggangan biji kopi ini biasa dilakukan dengan mesin roasting. Biji kopi mentah dipanggang sampai warnanya berubah dan ada empat ciri khas mulai dari light roast, medium roast, medium-dark roast, sampai dark roast.

"Roasting itu mata rantai dalam proses pengolahan kopi dari mentah ke matang sampai siap disajikan," ucap Johny Rahadi, pemilik Uncle John Roasting kepada Okezone di Jakarta.

Setelah biji kopi berubah warna. Tahap terakhir biji kopi tinggal digiling sampai berbentuk bubuk dan siap diseduh dan dinikmati.

"Rasa yang timbul dari seduhan kopi ini karena adanya proses roasting. Untuk light roast rasanya lebih ringan dan dark roast akan lebih kuat," tutupnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini