nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Travel Blogger Ini Kenalkan Pesona Budaya Bitung via Medsos

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 07 Oktober 2016 12:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 07 406 1508614 travel-blogger-ini-kenalkan-pesona-budaya-bitung-via-medsos-bCG9Q8Vymm.jpg Budaya Bitung (Foto: Instagram)

BITUNG tidak hanya memiliki keindahan alam yang sangat spektakuler. Kota ini juga dilimpahi keunikan budaya yang menarik untuk dieksplorasi.

Terletak di timur laut Tanah Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, Bitung menjadi salah satu kota yang berkembang dengan pesat karena terdapat pelabuhan laut yang mendorong percepatan pembangunan.

Mayoritas penduduk Bitung berasal dari Suku Sangir, sehingga kebudayaan kota tersebut tidak terlepas dari pengaruh budaya Nusa Utara.

Seperti yang saat ini tengah disaksikan salah satu travel blogger ternama Indonesia, Barry Kusuma. Dalam sebuah foto yang diunggah di akun instagram pribadinya, Barry membagikan momen keseruan Festival Bitung, seperti momen kemeriahan Tarian Kabasaran khas daerah tersebut.

Tarian Kabasaran adalah Tarian adat yang dibawakan dengan senjata tajam berupa pedang atau tombak ini, sangat identik dengan gerakan yang meniru perkelahian ayam jantan. Tarian ini sebenarnya adalah tarian sakral, yang dilakukan secara turun temurun.

Kabasaran sendiri merupakan prajurit adat yang memiliki otoritas penuh dalam jalannya sebuah upacara adat, mereka dulunya bisa membunuh atau mengusir si jahat yang mengganggu upacara adat.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini