Cara Merawat Batik ala Indra Herlambang

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Minggu 09 Oktober 2016 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 08 194 1509771 cara-merawat-batik-ala-indra-herlambang-kTiQS2kwOw.jpg Indra Herlambang (foto: okezone)

BATIK adalah warisan budaya leluhur yang harus dilestarikan, bahkan dunia pun telah mengakuinya. Sebagai orang Indonesia, patutnya berbangga dengan merawat dengan baik dan terus memakainya sebagai identitas diri.

Dalam masalah perawatan banyak yang mengatakan batik tak bisa sembarangan, terlebih bagi jenis batik tulis ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Ini juga yang selalu dilakukan oleh Indra Herlambang. Master of Ceremony kondang ini mengakui bahwa menjaga dan merawat batik harus dengan telaten dan benar-benar diperlakukan 'istimewa'.

"Kalau warisan keluarga aku itu, mama mengumpulkan seluruh koleksi batik sekeluarga dalam satu lemari besar. Dipisahkan secara jenisnya, dan tak pernah memakai kapur barus yang disimpan dalam lemari, itu kan bisa bikin warna batik memudar ya," terang Indra kepada Okezone dalam kesempatan fashion show desainer Anne Avantie, di Jakarta, belum lama ini.

Namun sedikit berbeda dengan ibunya, Indra yang sangat menyukai motif batik mega mendung ini tak pernah mencuci batik-batiknya sembarangan. "Kalau saya sendiri dari pada batiknya kenapa-kenapa ya lebih baik percayakan laundry khusus untuk mencucinya," tutup Indra.

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini