Hindari 3 Kesalahan Ini, Perhatikan Cara Benar Bikin Waffle

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2016 01:07 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 09 298 1510232 hindari-3-kesalahan-ini-perhatikan-cara-benar-bikin-waffle-PRJWNRjkK6.jpg Waffle, ada kesalahan yang harus dihindari saat membuatnya (Foto:Thekeyboardwaffleiron)

SIAPA yang tidak suka waffle, kue yang populer di Eropa ini cocok di lidah semua orang sehingga banyak yang bisa menerima rasanya. Waffle juga termasuk kudapan yang mudah dibuat, agar waffle matang sesuai harapan, hindari kesalahan yang sering terjadi saat membuat waffle.

Dilansir dari BonAppetit, Senin (10/10/2016), berikut beberapa kesalahan umum yang harus dihindari ketika membuat waffle.

Tidak membaca resep

Hal pertama yang harus dipersiapkan ketika akan membuat waffle adalah memiliki resep. Adalah kesalahan besar ketika Anda hendak membuat waffle dimana semua bahan sudah siap namun belum memiliki resep sebagai pegangan. Takaran bahan baku dan cara pembuatannya tertulis jelas di resep. Biasanya waffle harus mengalami proses fermentasi selama 8 jam. Dari resep Anda bisa menyiapkan adonan pada malam hari dan diolah paginya.

Adonan pucat

Bukan hanya tekstur yang memengaruhi lezatnya waffle tapi juga warnanya. Jika Anda merasa waffle terlalu pucat maka akan berpengaruh juga pada hasilnya saat sudah matang. Untuk membuat adonan waffle memiliki warna yang cerah dan golden brown, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya yakni dengan mengocok adonan putih telur dan kuning telur secara terpisah.

Menggunakan tepung yang salah

Biasanya dalam resep tertulis penggunaan tepung terigu sebagai salah satu bahan utama pembuatan waffle, tapi jenis terigu ini harus sesuai. Terigu memiliki kandungan protein yang berbeda-beda, waffle dibuat menggunakan tepung terigu protein rendah atau protein sedang. Jangan pernah membuat waffle menggunakan tepung berprotein tinggi karena akan membuat waffle menjadi padat dan keras. Jika ingin waffle lebih sehat, tambahkan 1 atau 2 sdm tepung gandum agar waffle lebih sehat dan kaya serat. (Ndr)

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini