Share

I AM INDONESIAN, Kolaborasi Kain Nusantara dan Fotografi Hitam Putih

Annisa Amalia Ikhsania, Okezone · Senin 10 Oktober 2016 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 10 194 1510829 i-am-indonesian-kolaborasi-kain-nusantara-dan-fotografi-hitam-putih-EflxiUbBoV.jpg Pameran foto Hitam Putih kolaborasi fashion dan fotografi (foto: annisa/okezone)

TIGA tahun sudah Galeri Indonesia Kaya hadir di tengah-tengah penikmat seni Indonesia. Di pertambahan usia tersebut, Galeri Indonesia Kaya menggelar pameran foto bertajuk I AM INDONESIAN sebagai bentuk apresiasi dan wujud terima kasih terhadap pekerja seni Indonesia.

Melalui pameran foto tersebut, sejumlah 100 pekerja seni yang berasal dari berbagai kalangan menampilkan sisi diri mereka yang berbeda. Dalam foto bernuansa hitam dan putih yang dipotret oleh fotografer Glenn Prasetya, para pekerja seni mengenakan rancangan pakaian warna putih dengan kain tenun khas Indonesia dan aneka motif batik yang minimalis modern koleksi desainer kenamaan Oscar Lawalata.

"Kainnya sendiri saya menggunakan bahan dasar tenun ATBM white on white, sepintas memang kelihatannya putih. Tetapi, kalau dilihat lebih detail bahan dasar kainnya seakan keluar. Semuanya pekerjaan tangan, tenunnya dibuat dengan tangan ditambah aksen embroidery, patchwork, dan elemen payet serta bebatuan," terang Oscar Lawalata, dalam syukuran dan pembukaan pameran foto I AM INDONESIAN yang digelar di Grand Indonesia Mall, Jakara Pusat, Senin (10/10/2016).

Oscar sendiri menggunakan kain tenun ATBM dari Garut serta batik Solo dan Yogyakarta, yang dipadukan dengan material katun dan linen dari Indonesia. Seluruhnya hadir dalam siluet yang beragam, seperti kebaya, baju bodo, kemeja, sarung, celana galembong, dan jenis busana Nusantara lainnya.

Kakak kandung Mario Lawalata ini memiliki alasan tersendiri mengapa memilih putih sebagai warna busana yang dikenakan oleh para figur publik tersebut. "Warna putih mewakili jiwa yang bersih, apa yang ingin disampaikan adalah momen berbagi cinta, inginnya murni bersih sehingga personality dan karakter dari pemakainya akan lebih terpancar," imbuhnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Bagi pria kelahiran 1977 ini, melakukan pemotretan dengan melibatkan 100 orang pekerja seni menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, pekerja seni yang terlibat berasal dari lintas generasi dengan kepribadian yang berbeda-beda.

Sebut saja Addie MS, Yovie Widianto, Butet Kartaredjasa, Be3, Chelsea Islan, Denny Wirawan, Dewi Lestari, Erwin & Gita Gutawa, Happy Salma, Maudy Koesnaedi, Monita Tahalea, Reza Rahadian, Sundari Soekotjo, Titiek Puspa, dan masih banyak lainnya.

"Tantangannya tertentu berbeda dari fashion show karena yang kita desain adalah pribadi dan seniman juga. Jadi, bagaimana memunculkan karakteristik dan personality mereka, bagaimana menyeimbangkannya dalam satu frame, di mana mereka beda rentang usia, bentuk tubuh, dan beda profesi. Apalagi sebelumnya saya juga enggak banyak ketemu dengan 100 orang itu," tambah perancang mode yang membutuhkan waktu kurang lebih dua bulan dalam menyiapkan proyek pemotretan tersebut.

I AM INDONESIAN sendiri merupakan sebuah gerakan yang digagas oleh Oscar Lawalata akan kecintaannya terhadap budaya Indonesia. Selama lima belas tahun berkarya dalam dunia mode, ia banyak bertemu dan bertukar cerita dengan para perajin kain Indonesia di berbagai daerah. Ternyata, di balik selembar kain Oscar menemukan filosofi, kasih, dan kehangatan yang membuatnya kian mencintai kain tradisional Indonesia.

"Dari pengalaman tersebut, saya sadar bahwa Indonesia memiliki keindahan budaya Nusantara yang seharusnya itu menjadi kebanggaan kita. Inilah yang mendorong saya untuk mencetuskan gerakan I AM INDONESIAN. Mengapa dalam bahasa Inggris? Karena memang sudah saatnya kita menunjukkan Indonesia di mata internasional melalui apa yang dimiliki Indonesia dan kontribusinya sesuai profesi masing-masing," tutup putra Reggy Lawalata itu.

Pameran foto ini akan berlangsung hingga 23 Oktober 2016 di Lobby Shinta dan Plaza Shinta (lantai 3) Grand Indonesia East Mall, Jakarta Pusat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini