nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sering Insomnia, Minum Obat Tidur Bukan Solusi!

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 10 Oktober 2016 22:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 10 481 1511208 sering-insomnia-minum-obat-tidur-bukan-solusi-Y1EPFmkdZp.jpg Bahaya minum obat tidur (Foto:Boldsky)

MENGALAMI gangguan susah tidur? Anda memilih obat tidur sebagai langkah alternatif? Ketahuilah, obat tidur bukanlah solusi yang tepat. Simak alasan selengkapnya berikut ini.

Obat tidur banyak tersedia dipasaran dan cukup mudah didapat. Memang, pada awal penggunaan obat tidur dapat membuat siklus istirahat Anda jadi lebih optimal.

Namun penggunaan jangka panjang bukanlah solusi mengobati gangguan tidur. Perlu diingat akan risiko penggunaan jangka panjang yang disebabkan oleh obat tidur pasaran tersebut, seperti gangguan hati dan ginjal.

Lebih baik konsultasikan ke dokter jika punya keluhan mengenai gangguan tidur. Solusi yang jauh lebih baik pun pasti akan didapat.

Biasanya dokter ahli akan mendiskusikan masalah apa yang menyebabkan Anda mengalami gangguan tidur. Mulai dari siklus tidur sehari-hari, gaya hidup, rutinitas, hingga penyebab gangguan tidur yang tidak pernah Anda dengar sebelumnya.

Diskusikan untuk ambil resep obat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Atau jika cara itu tidak membantu, segera lakukan perubahan gaya hidup sehat dengan mengatur jadwal tidur secara teratur, menghindari minuman yang mengandung kafein hingga melakukan hal-hal yang dapat merilis stres berlebih. Demikian seperti dikutip Boldsky, Senin (10/10/2016).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini