6 Cara Menjaga Kesehatan Otak

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 11 Oktober 2016 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 11 481 1511637 6-cara-menjaga-kesehatan-otak-WEDULq5JY2.jpg Cara menjaga kesehatan otak (Foto: Boldsky)

SETIAP orang harus berusaha menjaga kesehatan otak. Karenanya, dalam jangka panjang bisa menghambat pikun dini atau masalah alzheimer.

Dikutip Boldsky, Selasa (11/10/2016), berikut ini adalah 6 cara sederhana untuk menjaga kesehatan otak. Coba dilakukan setiap hari, ya!

Bertemu orang baru

Ketika Anda bertemu orang baru, pasti otak Anda sibuk untuk membuat catatan penting agar bisa bekerja sama dengannya. Anda akan mencari tahu latar belakangnya dengan cepat. Hal sederhana adalah Anda akan mengingat nama orang tersebut, apalagi kalau sulit diucapkan.

Meditasi

Penelitian telah membuktikan bahwa meditasi memiliki beberapa manfaat. Anda menjadi tenang dan santai, sekaligus cepat mengalahkan stres dan perasaan cemas. Hal ini membuat hidup Anda nyaman dan otak tidak dituntut untuk berpikir keras.

Kreatif

Seseorang yang selalu mengandalkan kreatifitas pasti otaknya cemerlang. Anda akan terus bermimpi mewujudkan sesuatu hal yang menggembirakan. Otak juga akan berpikir karena bertemu dengan hal baru. Cara ini tidak membuat Anda bosan dan cenderung tenang dalam menghadapi sesuatu.

Aktivitas fisik

Jika tubuh Anda aktif, pikiran Anda cenderung aktif. Maka, jangan lupa lakukan aktivitas fisik di sela menyelesaikan pekerjaan Anda. Misalnya, pilih jalan naik tangga saat menuju ruangan dari lobi kantor. Kemudian, dari halte bus atau stasiun kereta terdekat, pilih jalan kaki menuju kantor. Juga, saat makan siang, lebih baik mencari tempat makan di sekitar kantor, karena hal ini bisa merelaksasi pikiran Anda.

Konsumsi makanan bergizi

Pilih makanan bergizi untuk mempertajam daya ingat. Salah satunya yakni mengonsumsi makanan kaya omega-3 asam lemak. Itu biasanya ada di dalam ikan, alpukat, sayuran hijau, dan masih banyak lainnya.

Tidur cukup

Selama tidur, otak Anda juga ikut istirahat. Pola tidur yang tepat juga menghambat gangguan fungsi otak. Sehingga, hal ini membuat suasana hati bahagia, menghadapi masalah dengan santai, dan cenderung terhindar dari stres.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini