nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Redupkan Cahaya agar Tidur Lebih Berkualitas

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 11 Oktober 2016 22:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 11 481 1512185 redupkan-cahaya-agar-tidur-lebih-berkualitas-xVuHQIhEhE.jpg Redupkan lampu untuk dapatkan tidur berkualitas (Foto: Prevention)

SETIAP orang punya kebiasaan berbeda untuk mengantarnya sampai terlelap (tidur). Ada yang memilih tidur dalam keadaan gelap dan tak jarang banyak dari mereka tidur dalam kondisi lampu menyala.

Padahal sebenarnya cara ini dapat mengurangi kualitas tidur. Oleh karena itu simak dan pahami ulasan mengenai kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kualitas tidur, seperti dilansir Prevention, Selasa (11/10/2016).

Hindari cahaya terang

30 menit sebelum tidur, cobalah hindari sumber cahaya terang agar tidur lebih berkualitas. Tak hanya lampu, tapi juga ponsel, laptop hingga televisi. Kenapa? Sebab cahaya terang mampu meredupkan hormon tidur yang disebut melatonin sampai 50 persen jika terpapar dalam waktu 5 menit.

Adegan menyeramkan saat nonton televisi

Adegan yang membuat Anda takut lebih mudah direkam otak. Terlebih jika Anda menyaksikannya menjelang tidur. Sebaiknya hindari tayangan televisi yang membuat Anda takut karena memori menyeramkan lebih mudah terbayang disaat Anda butuh ketenangan sampai terlelap.

Olahraga

Malam hari bukanlah waktu yang tepat untuk berolahraga. Setidaknya beri waktu jeda sekira 2 jam sebelum tidur untuk menyudahi aktivitas olahraga malam Anda. Namun hal ini tidak berlaku untuk yoga dan latihan pernapasan lain yang justru mampu membuat tidur lebih berkualitas.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini