Mitos Ketombe, Kulit Kepala Bersih Juga Bisa Berketombe

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Rabu 12 Oktober 2016 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 12 194 1512690 mitos-ketombe-kulit-kepala-bersih-juga-bisa-berketombe-RnKMzNYbDi.jpg Ketombe (foto: shutterstock)

APAKAH Anda sedang merasa gatal di kulit kepala yang tak berkesudahan bahkan parahnya sampai iritasi di kepala? Ini pertanda jelas bahwa kulit kepala Anda sedang berketombe!

Ada banyak faktor yang menyebabkan ketombe hadir di kulit kepala Anda, namun ada beberapa hal yang sering disalahartikan oleh masyarakat dan akhirnya menjadi sebuah mitos yang terus dipercaya. Lantas, apa sajakah mitos tentang ketombe yang sering dipercaya oleh masyarakat? Berikut penjelasannya sebagaimana dilansir Health, Rabu (12/10/2016).

Ketombe terjadi pada kulit kepala yang kotor

Kata siapa? Ketombe juga bisa terjadi pada seseorang dengan kondisi kulit kepala yang bersih. Sebuah jamur bernama Malassezia hidup di kulit kepala semua orang dewasa yang akhirnya berkembang dan menyebabkan kulit kepala mengelupas lantas iritasi.

Shampoo bisa menghilangkan ketombe

Sesungguhnya, tak ada obat untuk ketombe. Tergantung pada keadaan individu, keadaan lingkungan dan aktivitas yang dilakukan. Namun, mungkin bisa diatasi dengan selalu memakai shampoo anti ketombe.

Ketombe semakin buruk di cuaca dingin

Sesungguhnya jamur Malassezia tumbuh subur di tempat yang panas atau lingkungan yang lembab, sejingga iritasi karena ketombe justru mencapai puncaknya ketika musim panas. Karenanya, rajin keramas dengan shampoo anti-dandruff paling tidak tiga hari sekali untuk menghilangkan kulit mati dan minyak pada rambut sangat disarankan.

(SLV)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini