SATE: Makan Sate Tegal 'Jodohnya' Tidak dengan Lontong

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 12 Oktober 2016 11:17 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 12 298 1512504 sate-makan-sate-tegal-jodohnya-tidak-dengan-lontong-f0MLxXuvwB.jpg Makan sate tegal tidak pakai lontong (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)

JODOHNYA sate tentu saus kacang atau saus kecap. Tapi ada juga lho pelengkap yang tak boleh ketinggalan, nasi atau lontong. Sstt... kabarnya Anda tidak akan ditawari lontong ketika menyantap sate tegal.

Menyambangi warung sate kadang terlontar pertanyaan dari sang pelayan, "Mau pakai nasi atau lontong?" Tapi tampaknya ini tidak berlaku ketika Anda menyambangi warung sate tegal. Kenapa? Karena sate tegal tidak pernah disandingkan dengan lontong sebagai pelengkapnya.

Dihubungi melalui telepon, Senin, 10 Oktober 2016, Chef Muto mengatakan sate tegal selalu disajikan dengan nasi dan tidak ada sejarahnya sate kambing muda ini disantap bersama lontong. "Sate tegal tidak dimakan pakai lontong. Enggak ada dimana-mana makan sate tegal pakai lontong, selalu nasi," kata pria yang asli berdarah Tegal ini.

Selain ciri khasnya menggunakan daging kambing muda, sandingan pelengkapnya juga khas. Bukan tidak bervariasi tapi hal ini yang jadi salah satu terciptanya ciri khas kekayaan kuliner Nusantara. Meskipun terkadang ada yang mengikuti perkembangan zaman.

"Di Jakarta ada beberapa yang menyediakan lontong tapi di tempat asalnya sana enggak ada. Kalau mau nyoba yang asli dan rasanya benar-benar mantap ya harus ke Tegal," tutup Chef Muto.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini