Warning! 3 Bahan Ini akan Jadi Racun Jika Salah Memasaknya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 12 Oktober 2016 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 12 298 1512633 warning-3-bahan-ini-akan-jadi-racun-jika-salah-memasaknya-VzYffrbMIn.jpg Tunas bambu/rebung (Foto: Shutterstock)

BAHAN makanan tidak melulu aman dikonsumsi, beberapa diantaranya memiliki cara sendiri untuk ditangani. Pasalnya ada kandungan zat dalam makanan yang akan jadi racun ketika salah dalam proses pengolahannya. Apa saja bahan tersebut, cari tahu dan perhatikan ketika memasaknya.

Dilansir dari TheDailyMeal, Rabu (12/10/2016), berikut tiga bahan makanan yang harus ditangani dengan benar karena jika salah pengolahan akan menjadi racun bagi tubuh.

Tunas bambu atau rebung

Tunas bambu merupakan tumbuhan yang sering jadi santapan orang meskipun bukan makanan sehari-hari yang rutin dikonsumsi. Untuk mengolah tunas bambu, Anda harus mengupas dan memotong bagian daging tunas lalu merebusnya hingga lunak. Tunas bambu tidak boleh dimakan mentah atau melalui proses pengolahan yang singkat, pasalnya bahan makanan ini mengandung sianida yang akan bereaksi di dalam saluran pencernaan.

Beberapa toko bahan makanan kadang menjual rebung yang sudah siap olah, atau untuk lebih amannya Anda bisa membeli rebung dalam kemasan kaleng.

Singkong

(Foto:Thinkstock)

Singkong banyak tumbuh di daerah beriklim tropis, di Amerika singkong lebih dikenal dalam bentuk tepung tapioka sementara di Asia kerap jadi makanan sumber karbohidrat. Singkong sering jadi makanan utama di banyak negara, meski terlihat mudah mengolahnya, jika salah singkong akan menghasilkan racun yang sangat berbahaya.

Singkong tidak boleh disantap dalam keadaan mentah karena mengandung racun sianida. Mengupas, merendam dan memasak singkong adalah kewajiban yang harus dilalui sebelum menyantapnya.

Ayam

(Foto:Shutterstock)

Ayam memang jadi santapan harian yang hampir semua orang bisa mengolahnya tapi jika salah maka ayam akan jadi karsinogenik yang mengganggu jalannya keseimbangan tubuh. Ayam harus diolah hingga matang setidaknya harus dipanaskan dengan suhu diatas 165 derajat Fahrenheit. Jika mengolah ayam tidak sampai matang maka rentan akan kandungan bakteri, karena bakteri salmonella cepat berkembang biak di dalam ayam yang mentah.

Efek paling cepat yang akan terasa ketika menyantap ayam mentah adalah diare, kram perut, muntah dan akan sangat berbahaya jika dikonsumsi bagi wanita hamil, anak-anak dan orang yang sistem kekebalan tubuhnya rendah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini