TOP HEALTH 2: Rahasia Nyaman dan Bebas Pegal saat Berkendara Motor

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 12 Oktober 2016 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 12 481 1513052 top-health-2-rahasia-nyaman-dan-bebas-pegal-saat-berkendara-motor-yYXXIHobmD.jpg Berkendara motor bebas pegal (Foto: Okezone)

SEPEDA motor selalu jadi andalan masyarakat ibu kota untuk beraktivitas. Bukan cuma ukurannya yang kecil, waktu tempuh ke tempat tujuan akan jauh lebih cepat.

Namun, edukasi safety riding saja sepertinya belum cukup. Sebab, ada masalah kesehatan seperti pegal dan kram yang siap mengintai Anda, terutama jika naik sepeda motor rutin pulang-pergi dari rumah ke kantor dan sebaliknya.

Karena itu, simak ulasan berikut ini agar mengendarai sepeda motor lebih aman, nyaman dan bebas pegal serta kram, sebagaimana dikutip Motorbikewriter, Rabu (12/10/2016).

Bawa minum

Otot akan bekerja saat menangkap rangsangan eksternal. Stimulus ini menghasilkan sinyal listrik yang mengacu pada sel-sel otot untuk berkontraksi. Saat tubuh kekurangan cairan, maka rangsangan eksternal itu dapat mengganggu kinerja otot yang mengarah pada kram otot.

Stretching

Ada baiknya untuk stretching lebih dulu sebelum berkendara. Lakukan peregangan ringan mulai dari pergelangan tangan, kaki dan leher. Tak hanya meminimalisir kram, langkah ini juga bisa menghindari pegal.

Pakai jaket longgar

Panasnya cuaca dapat membuat Anda kekurangan cairan. Lebih baik gunakan jaket longgar agar ada sirkulasi udara. Penggunaan jaket yang terlalu sempit juga tidak disarankan karena hal itu bisa membuat tubuh tidak leluasa bergerak dan sirkulasi darah terganggu.

Ubah posisi duduk

Ketika mengendarai motor, ubah posisi duduk Anda. Cari posisi duduk yang nyaman sehingga tidak terpaku pada satu posisi. Perlu diketahui, duduk di motor dengan posisi yang sama akan memperbesar risiko pegal linu usai berkendara.

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini