SATE: Ternyata, Jenis Kayu Bakar Bisa Pengaruhi Rasa Sate Tegal!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 13 Oktober 2016 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 13 298 1513533 sate-ternyata-jenis-kayu-bakar-bisa-pengaruhi-rasa-sate-tegal-LNkTA9qQ8G.jpg Rasa sate tegal dipengaruhi jenis kayu bakarnya (Foto: Shutterstock)

SATE termasuk barbeku ala Indonesia, proses pemasakannya harus dibakar dengan media arang atau bara api. Ternyata bukan hanya bahan dan bumbu yang mempengaruhi kualitas rasa sate tapi juga penggunaan kayu bakar.

Siapa sangka, hal sederhana seperti jenis kayu yang dipakai ternyata memberi pengaruh cukup besar pada rasa dan aroma sate, khususnya sate tegal. Dikatakan selebriti Chef Muto, memang kayu yang digunakan bisa dari kayu apa saja tapi ada jenis kayu khusus yang biasa dipakai untuk membakar sate tegal agar aroma khasnya keluar maksimal.

"Biasa pakai kayu jambu itu harum jadinya si sate. Ada juga pakai kayu bakau tapi sejauh ini yang kebanyakan dipakai kayu jambu," kata Chef Muto saat dihubungi Okezone via sambungan telepon beberapa waktu lalu.

Ketika sate dibakar menggunakan kayu jambu, aroma asap bakaran yang dihasilkan dari kayu akan diserap oleh daging. Hal ini yang menjadi salah satu alasan kenapa sate tegal punya aroma khas.

Selain harum dan membuat sate beraroma khas, Chef Muto juga mengatakan kayu jambu cukup awet saat digunakan untuk membakar sate. "Awet juga jadi arangnya lama habis. Orang bakar enggak terus-terusan nambah arang, kan boros jadinya," tandas Chef Muto.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini