nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Kopi Bikin Sehat asal Hindari Bahan Pemanis

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 14 Oktober 2016 00:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 13 298 1513752 minum-kopi-bikin-sehat-asal-hindari-bahan-pemanis-XB3QJ1a790.jpg Minum kopi bikin sehat asal hindari pemanis (Foto:Shutterstock)

KOPI sejatinya memiliki rasa dominan asam dan pahit namun ada tambahan bahan pemanis yang membuat rasanya semakin enak. Padahal disamping rasa manis itu terdapat kandungan gula tinggi yang bisa memberi efek negatif.

Untuk menikmati kopi yang sehat, Anda harus menghindari gula dan bahan pemanis lainnya. Dilansir dari Prevention, Jumat (14/10/2016), berikut bahan pemanis yang biasa ditambahkan dalam kopi namun sebaiknya dihindari.

Gula

Biasanya kopi ditambahkan sejumlah gula untuk membuat rasanya menjadi manis tapi gula dalam jumlah banyak tidaklah direkomendasikan untuk dinikmati bersama kopi. Tapi jika ingin menikmati kopi yang manis, Anda bisa menambahkan gula kelapa organik. Tentu jumlah yang ditambahkan juga tidak berlebihan. Pada dasarnya kopi sudah memilki rasa manis alami namun dalam tingkatan yang rendah.

Sirup perasa

Sirup perasa yang kerap ditambahkan dalam kopi blend mengandung fruktosa yang cukup tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi fruktosa dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan obesitas dan naiknya berat badan tanpa terkontrol. Selain itu sirup perasa ini juga mengandung bahan perasa kimia dan pengawet buatan.

Pemanis sintetis

Pemanis alami seperti gula saja masih memiliki efek kurang bagus pada kesehatan apalagi jika pemanis buatan. Banyak efek negatif yang ditimbulkan jika mengonsumsi pemanis sintetis. Keracunan pemanis buatan seperti sakarin kadang menimbulkan efek seperti diare, sakit kepala, alergi kulit hingga sesak nafas. Dan dalam jangka panjang jadi pemicu masalah yang lebih besar termasuk tumor otak, depresi, nyeri sendi dan lain sebagainya.

Pemutih kopi

Pemutih kopi memang jarang ditemui pada suguhan kopi tapi beberapa produk kopi kadang ditambahkan bahan ini. Jika benar-benar dikonsumsi lebih lanjut dalam jangka panjang, pemutih kopi ini bukan hanya merusak rasa kopi tapi juga memberi efek tidak baik pada kesehatan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini