Bahaya Memikul Tas Berat dengan Satu Bahu

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 13 Oktober 2016 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 13 481 1513730 bahaya-memikul-tas-berat-dengan-satu-bahu-sR3mVhkmjS.jpg Ilustrasi (Foto: Huffingtonpost)

ADA berbagai faktor yang menyebabkan kekakuan pada leher dan ketegangan otot. Salah satu faktornya adalah kebiasaan buruk kita seperti memberi beban pada salah satu pundak.

Karena itu, ketahuilah cara mengatasi leher pegal dan terasa kaku, dikutip dari laman Verywell, Kamis (13/10/2016).

Jangan membawa tas terlalu berat

Mungkin anak Anda juga pernah mengeluhkan leher yang terasa pegal dan kaku. Hal ini juga bisa terjadi kepada Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk mengurangi beban bawaan Anda di dalam tas ransel.

Berhenti memakai tas dengan satu bahu

Bila Anda menggunakan sling bag, jangan lupa untuk menggunakannya pada bahu lain secara bergantian. Hal ini dapat mencegah terjadinya ketegangan otot trapezius dan menunjang keselaraan tulang belakang.

Posisi menelepon yang baik

Pekerjaan multitasking memang menguntungkan. Namun, bukan berarti Anda terus bebas membiasakan diri menahan telepon dengan pundak.Jika kebiasaan ini dilakukan, bisa berdampak buruk pada kesehatan leher.

Kelola stres dengan baik

Stres dapat dikatakan dapat memicu reaksi tegang pada leher. Reaksi emosional ini dapat menyebabkan Anda mengalami stres kronis pada otot. Bahkan, pada dampak yang lebih parah dapat memiliki efek melumpuhkan. Tak ada salahnya untuk mencari sweet escape, untuk mencegah stres yang berlebih.

Postur duduk

Postur tubuh yang tidak tepat saat duduk, dapat memengaruhi kesehatan tulang belakang. Postur tulang belakang yang tidak ideal akan berdampak pada leher yang kaku dan pegal. Mulai sekarang, perhatikan postur duduk Anda untuk mencegah leher yang pegal.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini