TOP FOOD 1: 4 Kunci Sukses agar Sate Anda Lebih Menggugah Selera

Dinno Baskoro, Jurnalis · Sabtu 15 Oktober 2016 08:15 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 14 298 1514542 top-food-1-4-kunci-sukses-agar-sate-anda-lebih-menggugah-selera-ikT5sxqjJm.jpg 4 kunci agar sate lebih menggugah selera (Foto:Shutterstock)

HAMPIR semua orang di Indonesia menyukai sate. Hidangan ini sudah cukup familiar karena sangat mudah ditemukan dan rasanya lezat.

Tak ayal aneka sajian sate pun kerap hadir sebagai suguhan pesta atau acara besar lainnya. Jika berniat ingin sajikan sate sebagai hidangan utama, coba simak empat tips berikut agar sate lebih menggoda.

Simak ulasan lengkapnya, sebagaimana disarikan dari buku 'Hidangan Lezat: Sate Nusantara' yang disusun oleh Tim Dapur Esensi.

Pilih daging segar

Untuk membuat daging sate yang nikmat. Pilihlah daging yang masih segar. Baik itu daging ayam, kambing, sapi bahkan seafood sekali pun. Pasalnya mau seenak apa pun bumbu yang dipakai tapi dagingnya tidak segar, sama saja bohong.

Gunakan bahan pengempuk daging

Ingin cara tradisional agar dagingnya empuk? Coba gunakan daun pepaya yang sudah ditusuk dengan garpu agar keluar zat papain yang bisa melembutkan daging. Kemudian balut daging dengan daun pepaya ini. Jika ingin lebih simpel, lebih baik gunakan zat pengempuk daging yang sudah banyak tersedia di pasaran.

Marinasi lebih lama

Membuat sate enak setidaknya butuh proses marinasi yang agak lama. Hal itu bertujuan agar bumbu meresap ke dalam daging. Paling tidak setelah daging dipotong sesuai keinginan, marinasi daging tersebut dengan bumbu selama 2-3 jam di dalam lemari es.

Panggang dengan arang

Sate akan terasa lebih lezat jika memiliki aroma panggangan arang. Anda bisa menggunakan arang kayu atau arang tempurung agar aromanya lebih menggoda.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini