SATE: Simak, Ini Tips Membuat Kuliner Khas Nusantara Sate Tulang yang Lezat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 14 Oktober 2016 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 14 298 1514667 sate-simak-ini-tips-membuat-kuliner-khas-nusantara-sate-tulang-yang-lezat-WLFjKzcy7G.jpg Sate kuliner khas Nusantara (Foto: Shutterstock)

MESKI tidak setenar sate padang atau sate madura, kelezatan sate tulang kini mulai dilirik para pecinta kuliner khas Nusantara. Rasa pedasnya yang khas, menjadi daya tarik utama kuliner asli tanah Banjar ini.

Tak ayal jika ada saat proses pengolahannya, terdapat sejumlah cara khusus untuk menciptakan rasa lezat yang pas dan tidak menimbulkan bau amis. Seperti yang disampaikan oleh Agus Sasirangan, Runner up MasterChef Indonesia (MCI) 2011.

(Foto:@indriseska)

“Bahan utama yang digunakan untuk membuat hidangan ini adalah bagian leher ayam. Oleh karena itu, pilihlah ayam yang masih segar, dan lakukan proses marinasi untuk menghilangkan bau amis yang menyengat,” tutur Chef Agus Sasirangan, saat dihubungi Okezone via telepon, Kamis (13/10/2016)

Agus menambahkan, hal yang harus diperhatikan adalah pada saat proses pembakaran. Pilihlah arang yang tepat, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Dan berhati-hatilah saat membalikkan sate. Proses ini sangat penting untuk mendapatkan hasil matang yang merata.

“Kalau hasil pembakaran tidak sesuai ekspektasi. Kita tinggal bermain di pelengkapnya. Sate yang rasa dagingnya biasa saja, bisa menjadi lezat jika sausnya nendang,” pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini