Share

Begini Cara Chef di Bali Mencicipi' Hasil Masakannya

Devi Setya Lestari, Okezone · Jum'at 14 Oktober 2016 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 14 298 1514747 begini-cara-chef-di-bali-mencicipi-hasil-masakannya-t0phIc3Tw9.jpg Chef di Bali memiliki cara sendiri dalam mencicipi masakannya (Foto: Shutterstock)

MENCICIPI makanan rasanya jadi hal yang wajib dilakukan seorang chef ketika mengolah masakan. Dengan mencicipi masakan, seorang chef bisa tahu rasa makanannya sudah pas atau belum.

Dijelaskan Chef Henry Bloem, koki yang mengolah makanan Bali dengan cara tradisional dikenal dengan sebutan mancagra. Tidak seperti layaknya seorang chef yang dengan mudah bisa mencicipi makanan hasil masakannya, seorang mancagra punya tingkatan dalam mencicipi makanan.

“Tidak ada takaran bumbu atau bahan, mancagra mencampur bahan makanan mengandalkan feeling dan kemampuan tangannya. Jadi mereka campur makanan pakai tangan saja sudah tahu bagaimana kira-kira rasanya. Beda dengan chef yang selalu langsung dicicipi,” kata Chef Henry.

Pria bertato yang asli Bali ini lebih lanjut menjelaskan, setelah yakin akan kepekaan tangan maka langkah selanjutnya adalah menguji dengan penciuman untuk menambahkan rasa yang kurang. “Kalau proses campur-campur sudah cukup, selanjutnya baru dicium. Dari sini juga peka, karena bisa merasakan bumbu apa yang kurang. Terakhir baru dengan lidah,” terang ketua Indonesia Chef Asosiation (ICA) ini.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini