Share

Percaya atau Tidak, Makanan Berwarna Kuning Bisa Bikin Bahagia

Devi Setya Lestari, Okezone · Jum'at 14 Oktober 2016 16:25 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 14 298 1514882 percaya-atau-tidak-makanan-berwarna-kuning-bisa-bikin-bahagia-2xxKDtxDPs.jpg Minuman atau warna kuning bisa bikin bahagia (Foto: Shutterstock)

KESIBUKAN aktifitas sehari-hari yang berangkat saat matahari terbit dan kembali ke rumah ketika bulan sudah bersinar memang kadang membuat semangat menjadi turun drastis. Hal seperti ini yang membuat kebahagiaan seseorang anjlok karena tertimbun rasa letih. Tenang ada makanan yang katanya bisa mengembalikan mood.

Percaya atau tidak, sebuah penelitian yang dilakukan The Happy Egg, menerangkan bahwa menyantap makanan berwarna kuning bisa mengundang datangnya hormone bahagia dan membuat orang yang menyantapnya merasa senang. Kuning merupakan warna yang diasosiasikan sebagai warna cerah pembawa keceriaan.

Dari data yang dihimpun, sebanyak 70 persen warna cerah pada makanan secara otomatis membuat orang bahagia. 61 persen mengatakan sepiring omelet bisa mengundang efek senang sementara di urutan selanjutnya ada makaroni keju yang juga disukai banyak orang. Setelah makaroni keju, ada juga pisang dan pancake, makanan berwarna kuning yang ternyata cukup populer di masyarakat.

Psikolog mengatakan ada reaksi positif yang merangsang pikiran manusia ketika melihat warna kuning. Hal ini dipengaruhi banyak hal, salah satunya karena kuning identik dengan hangatnya sinar matahari dan warna yang kerap difavoritkan anak-anak. Sementara itu, warna kuning juga merangsang otak kiri untuk menerima signal bahagia dan menyenangkan.

Urutan kedua setelah warna kuning, adalah makanan berwarna merah dan selanjutnya makanan berwarna coklat.

"Ada banyak penelitian yang menunjukkan bagaimana warna bisa mempengaruhi emosi seseorang, tapi kami terkejut ketika mendapatkan hasil bahwa begitu banyak kelompok makanan berwarna kuning yang membangkitkan perasaan positif yang kuat, salah satunya merangsang selera," kata Neuropsikolog Dr David Lewis, demikian seperti dilansir dari Metro, Jumat (14/10/2016).

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini