SATE: Bikin Sate Lilit? Ini Jenis Ikan yang Paling Enak

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Sabtu 15 Oktober 2016 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 14 298 1515109 sate-bikin-sate-lilit-ini-jenis-ikan-yang-paling-enak-04aVpjlroK.jpg Sate lilit bali (Foto:Foodninemsn)

BERBEDA dari sate pada umumnya, sate lilit khas Bali menggunakan bahan dasar ikan. Lalu ikan apa yang paling enak untuk membuat sate lilit?

Chef Henry Bloem mengatakan, sebenarnya berbagai jenis ikan laut bisa digunakan untuk membuat sate lilit, tapi yang paling banyak digunakan adalah ikan tuna. Ikan ini banyak digunakan karena dagingnya tebal, gurih namun dibanderol dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

“Kebanyakan pakai ikan tuna, tapi sebenarnya bisa pakai apa saja, yang penting bumbunya,” ujar Chef Henry. Selain ikan tuna, chef asal Bali ini juga menyebut, ikan tenggiri pun enak diolah menjadi sate lilit.

Penggunaan ikan sebagai bahan dasar sate, lanjut Chef Henry Bloem, tidak lepas dari masyarakat Bali yang kebanyakan hanya bisa menyantap daging ikan dan ayam. “Di Bali mayoritas masyarakatnya Hindu yang tidak makan daging sapi. Jadi yang dipakai buat sate adalah ayam dan ikan. Paling khasnya dari ikan,” kata pria yang asli berdarah Bali ini.

Ketua Indonesia Chef Assosiation (ICA) ini juga menambahkan, ikan yang digunakan merupakan ikan laut, hal ini karena Bali termasuk wilayah pesisir. “Di Denpasar, Bali banyak pantai, pesisir, wilayah laut jadi banyak ikan yang didapatkan. Makanya yang banyak dipakai ikan laut seperti tuna, tenggiri,” pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini