nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Kunci Penting saat Ingin Membuat Sendiri Mi di Rumah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 16 Oktober 2016 10:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 14 298 1515184 3-kunci-penting-saat-ingin-membuat-sendiri-mi-di-rumah-B4piSUYyDq.jpg Tips cara membuat mi sendiri di rumah (Foto: Shutterstock)

SUDAH bukan rahasia lagi, bahwa mi merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Kelezatan hidangan ini dapat dinikmati dalam bentuk kering maupun dengan kuah kaldu yang gurih.

Nah, jika Anda sudah merasa bosan dengan varian mi instan yang beredar di pasaran, mengapa tidak membuatnya sendiri di dapur rumah?

Berikut 3 tips penting yang perlu Anda perhatikan saat membuat mi, seperti yang dijelaskan oleh Chef Bagus Wicaksono, salah seorang sous chef Hotel Ritz Carlton kepada Okezone.

Tenaga harus stabil

(Foto:Dimas/Okezone)

Proses paling sulit ketika membuat hidangan ini adalah saat membentuk adonannya. Saat membentuk adonan tenaga harus stabil agar campuran bahan bakunya merata. Bagi Anda yang belum terbiasa, mungkin bisa berlatih tekniknya terlebih dahulu, atau bisa juga menggunakan alat khusus.

Rebus di air mendidih

Proses berikutnya adalah tahap perebusan. Pastikan air yang Anda gunakan benar-benar mendidih sebelum adonan dimasukkan. Setelah itu, masukkan adonan secara perlahan dimulai dari ujungnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga tekstur mi agar tetap terpisah dan tidak menggumpal.

Tambahkan bumbu pelengkap

(Foto: Dimas/Okezone)

Setelah jadi, langsung tambahkan bumbu pelengkap yang dapat dibuat dari campuran kecap manis, kecap asin, dan minyak bawang. Fungsinya untuk menambahkan aroma wangi dan juga meningkatkan nafsu makan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini