SATE: Penting, Begini agar Bumbu Kacang untuk Sate Enak

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 16 Oktober 2016 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 14 298 1515194 sate-penting-begini-agar-bumbu-kacang-untuk-sate-enak-FWnOnMOSXT.jpg Tips agar bumbu kacang untuk sate enak (Foto: Shutterstock)

SATE merupakan salah satu jenis makanan yang sangat populer di Indonesia. Beragam kreasi sate dapat ditemukan di setiap daerah di tanah air, seperti sate padang di Sumatera Barat, hingga sate tulang di Kalimantan Selatan.

Masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri dengan citarasa yang tidak perlu diragukan lagi. Rahasianya? Tentu saja terletak pada bumbu racikannya.

Bagi Anda yang belum mahir memasak, tidak perlu khawatir, Chef Agus Sasirangan, memiliki sejumlah tips ampuh untuk membuat bumbu sate yang lezat.

Menurutnya, kunci sukses dalam membuat bumbu sate yang lezat, terletak pada pengolahan bahan baku kacang.

"Ini penting, saat menggoreng kacang tidak boleh sampai gosong. Kalau proses penggorengannya saja sudah salah, hasilnya akan memengaruhi rasa. Biasanya jadi ada rasa pahit," tutur Chef Agus, saat dihubungi Okezone via telepon, beberapa waktu lalu.

Selain itu, hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah beberapa bahan tambahan, seperti gula merah, kecap manis, dan bila suka tambahkan cabai sesuai selera.

"Selain dagingnya empuk, kelezatan sate itu bertumpu pada bumbu racikannya. Tidak perlu berkecil hati jika hasil pembakaran daging tidak sempurna. Yang penting tidak boleh gagal dalam meracik bumbu pelengkapnya," tutup Agus.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini