nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuliner Khas Nusantara: Ini yang Menentukan Kelezatan Masakan Khas Bali

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Jum'at 14 Oktober 2016 20:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 14 298 1515199 kuliner-khas-nusantara-ini-yang-menentukan-kelezatan-masakan-khas-bali-5NsQa5bIGO.jpg Kelezatan kuliner khas Bali (Foto:Wego)

SELAIN kualitas bahan baku, bumbu juga jadi hal penting yang menentukan rasa masakan. Demikian juga yang terjadi pada kuline khas Nusantara dari Bali. Lezat atau tidaknya tergantung bumbu yang digunakan. Tapi ada istilah yang kerap digunakan di Bali untuk menyebut bumbu masakan.

Ditemui di Jakarta, Chef Henry Bloem mengatakan rasa gurih pada masakan Bali sangat ditentukan oleh bumbunya, yang di daerah asalnya dikenal dengan sebutan basa. “Rasa masakan bali tergantung basa-nya. salah penggunaan takaran bumbu maka akan menghasilkan rasa yang kurang pas,” kata Chef Henry yang merupakan pria keturunan Bali.

Istilah basa artinya adalah bumbu, namun jenisnya terbagi lagi tergantung bahan pengisinya. “Bumbu utama yang dikenal ada Basa Gede, Basa Suna Cekuh dan Basa Selem. Tiga ini sangat penting dan enggak bisa dipisahkan dari masakan Bali,” lanjut Chef Henry.

Chef yang nyentrik dengan tato dan rambut gondrong ini lanjut menjelaskan, sebenarnya ketiga jenis basa ini terbuat dari bahan yang sama hanya saja takarannya yang berbeda. “Basa gede itu bumbu utama yang menghasilkan rasa nikmat dan sekaligus bisa mematangkan bahan mentah dalam lawar. Jadi sebenarnya orang dulu itu canggih karena sudah tahu bagaimana caranya mengombinasikan bumbu yang bisa mematangkan bahan mentah,” beber Chef Henry.

Dalam racikan basa gede terdiri dari berbagai campuran bumbu serta rempah seperti lengkuas, kencur kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri, lada hitam, lada putih, pala, cengkeh, tabiya bun, bangle, daun jinten, jangu, merica dan rempah-rempah. Semua bumbu dicincang hingga halus, setelah halus bumbu lalu digoreng hingga matang.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini