nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meski Belum KLB, Kasus DBD di Brebes Terus Meningkat

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2016 10:47 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 17 481 1516585 meski-belum-klb-kasus-dbd-di-brebes-terus-meningkat-WejcXdnoOj.jpg Ilustrasi (Foto: Dailymail)

MEMASUKI musim hujan, kasus demam berdarah dengue (DBD) meningkat di sejumlah daerah di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Brebes. Terhitung dari Januari sampai September 2016, sekiranya ada 854 kasus DBD di Kabupaten Brebes.

Pada tahun sebelumnya, terdapat 632 kasus DBD di Kabupaten Brebes, sehingga dikatakan telah meningkat di 2016. Hal ini berdasarkan informasi data yang diperoleh dari situs Brebeskab.go.id.

Meski begitu, pada situs resmi Pemerintah Kabupaten Brebes itu, Kepala Dinas menjelaskan bahwa kasus DBD memang meningkat dari tahun lalu. Namun, menurutnya, angka kematian akibat DBD menurun dari tahun lalu dan belum terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB).

Dinas Kesehatan setempat telah melakukan sosialisasi untuk mengantisipasi peningkatan kasus DBD. Untuk mencegah DBD, warga diminta melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) secara teratur.

Caranya dengan 3M, yaitu Menguras bak penampungan air, mengubur barang bekas yang bisa menimbulkan genangan air dan menutup penampungan air. Cegah DBD sedini mungkin dan aktif memberantas jentik nyamuk, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini