nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Pernah DBD Tidak Akan Terinfeksi Lagi Seumur Hidup, Mitos atau Fakta?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 17 Oktober 2016 18:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 17 481 1517058 sudah-pernah-dbd-tidak-akan-terinfeksi-lagi-seumur-hidup-mitos-atau-fakta-gRMrtp46XT.jpg Ilustrasi (Foto: Nytimes)

BANYAK mengenai mitos demam berdarah dengue (DBD) yang membuat informasi penyakit ini keliru. Karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa mitos tentang DBD yang selama ini keliru seperti dilansir dari Star2:

Mitos 1: Seseorang akan terinfeksi demam berdarah setelah digigit semua nyamuk

Faktanya, virus demam berdarah hanya ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti betina. Penularan virus hanya terjadi setelah nyamuk aedes aegypti menggigit manusia yang terinfeksi.

Nyamuk ini akan menggigit lebih dari satu orang selama periode makan. Bahkan, ketika pada periode makan, nyamuk aedes aegypti mampu menggigit siapa pun sepanjang hari.

Mitos 2: Demam berdarah tidak berbahaya

Beberapa orang mungkin mengalami kasus-kasus ringan yang tidak menunjukkan gejala apapun. Namun, kebanyakan orang biasanya akan mengalami demam, ruam, sakit atau nyeri sendi, sakit kepala, mual dan diare.

Pada kasus yang parah, gejala DBD bisa meliputi perdarahan, kesulitan bernapas, gagal hati, kebingungan dan penurunan tekanan darah. Tanpa intervensi medis yang tepat waktu, beberapa orang mungkin meninggal karena demam berdarah.

Mitos 3: Trombosit rendah sudah pasti DBD

Jika Anda terkena DBD, jumlah trombosit akan rendah. Tapi, faktanya ada juga penyakit-penyakit yang membuat trombosit turun, seperti chikungunya, HIV, hepatitis B dan C, tifus, dan leptospirosis. Cara terbaik untuk memastikannya adalah dengan periksa ke dokter.

Mitos 4: Trombosit sangat rendah pertanda DBD sudah parah

Faktanya tidak selalu begitu. Kondisi DBD yang sudah sangat parah dikatakan bila pasien mengalami komplikasi, terutama perdarahan. Tanda-tanda kondisi DBD sudah parah meliputi, sakit perut parah atau nyeri, muntah terus, perdarahan mukosa (gusi berdarah), gelisah dan kesulitan bernapas atau distensi abdomen (memiliki akumulasi cairan di paru-paru atau perut).

Mitos 5: Sudah pernah DBD tidak mungkin terinfeksi lagi

Perlu diketahui, ada empat serotipe yang berbeda dari virus demam berdarah, yaitu DEN-1, 2, 3, 4. Setiap episode infeksi akan memberikan perlindungan bagi kekebalan seumur hidup terhadap serotipe yang sama, tidak dengan tiga lainnya. Artinya, seseorang bisa terinfeksi DBD hingga empat kali seumur hidupnya.

Namun, Anda berisiko mengalami penyakit DBD yang lebih berat setelah infeksi kedua dan seterusnya. Meskipun, beberapa orang juga bisa mengalami DBD berat pada infeksi pertama.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini