nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Awas, 3 Makanan Enak Ini Bisa Timbulkan Efek Buruk!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2016 11:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 10 20 298 1519696 awas-3-makanan-enak-ini-bisa-timbulkan-efek-buruk-WVkLBEYBgs.jpg Jus buah bisa menimbulkan efek buruk (Foto:Shutterstock)

ADA makanan super yang direkomendasikan untuk dimakan, tapi ternyata ada juga makanan yang bisa memberi efek buruk jadi harus dihindari. Efek buruk yang kerap ditimbulkan beragam mulai dari lapar membandel, sakit perut atau tubuh terasa tidak bertenaga meski sudah makan banyak.

Agar terhindar dari makanan ini, sebaiknya kenali dan mulailah memilih-milih agar tidak terjebak makanan ini. Dilansir dari Mashed, Rabu (19/10/2016), berikut beberapa makanan tersebut. Stt.. beberapa diantaranya justru terlihat seperti makanan sehat.

Soda

Kandungan gula tinggi pada sekaleng minuman bersoda memang terkesan kejam. Gula dalam soda bukan hanya jadi salah satu pemicu obesitas dan diabetes tapi juga jadi akar timbulnya masalah lain. Apalagi kandungan pewarna karamel yang ada pada soda berwarna coklat. Beradasarkan hasil studi, pewarna ini adalah salah satu penyebab munculnya sel kanker dan beberapa penyakit lainnya. Jadi control konsumsi soda yang Anda minum, dan jangan pernah memadukan soda dengan santapan dessert yang manis karena gulanya akan bertambah berkali lipat. Jika ingin sesekali menyeruput segarnya soda, cobalah ambil soda yang rendah gula dan padukan dengan potongan buah segar.

Roti tawar putih

Roti tawar putih jadi makanan yang ternyata harus dihindari. Tepung terigu sejatinya memang berasal dari gandum tetapi dengan kandungan biji dan serat yang sangat rendah. Mengonsumsi roti tawar putih akan menyebabkan sistem pencernaan Anda kurang serat dan mengalami beberapa keluhgan seperti sembelit serta rasa gelisah. Tentu ini memengaruhi mood Anda sepanjang hari. Solusinya, cobalah lebih memilih untuk mengonsumsi roti tawar gandum.

Jus Buah

Jus buah selalu identik dengan asupan sehat karena berasal dari buah. Ya, tidak ada yang salah dengan jus buah alami, yang jadi fokus perhatian sekarang adalah jus buah dalam kemasan yang dijual bebas di toko. Jus kemasan ini mengandung gula yang sangat tinggi, meskipun tetap ada kandungan vitamin dan mineralnya. Sebagai solusi, buatlah jus buah sendiri di rumah. Smoothie juga bisa jadi alternatif yang tepat. Padukan berbagai buah favorit dannikmati dalam keadaan dingin.

(ndr)

Berita Terkait

makanan enak dan sedap

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini