Kenali, Ini Perbedaan Beras Merah dengan Beras Biasa & Khasiatnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2016 17:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 20 298 1520193 kenali-ini-perbedaan-beras-merah-dengan-beras-biasa-khasiatnya-AnNmEnnK1a.jpg Kenali perbedaan beras merah dengan beras biasa (Foto:Foodnetwork)

SEBAGAI negara agraris, makanan pokok masyarakat Indonesia berasal dari olahan padi yang sudah matang atau sering disebut juga dengan beras. Umumnya, masyarakat Indonesia mengonsumsi beras berwarna putih sebagai makanan pokok mereka sehari-hari.

Tetapi jangan salah, bahan baku ini ternyata memiliki sejumlah varian dengan khasiatnya masing-masing. Dilansir dari Smart Cooky, yuk simak perbedaan antara beras merah dan beras putih, Kamis (20/10/2016).

Beras Putih

Beras putih merupakan salah satu jenis beras yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Dinamakan beras putih, dikarenakan warna teksturnya yang terlihat seperti warna putih susu. Beras ini memiliki tekstur yang sangat halus karena diolah melalui proses penggilingan.

Meskipun demikian, beras putih ternyata tidak begitu sehat untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena pada saat proses penggilingan, banyak bagian-bagian penting yang hilang seperti bakteri yang sebetulnya bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Menurut seorang ahli gizi asal New Delhi, India, Dr. Gargi Sharma, "Jika beras putih mengalami proses penggilingan lebih lanjut, maka lapisan aleuron yang terkandung akan hilang dan menyebabkan hilangnya nutrisi. Lapisan ini kaya akan vitamin B, nutrisi lain dan lemak esensial," tuturnya.

Selain Sharma, Dr. Ritika Samaddar, mengatakan bahwa, "Proses penggilingan pada beras, menghancurkan 67% dari vitamin B3, 80% vitamin B1, 90% vitamin B6, setengah dari zat manganese, setengah dari zat fosfor , 60% dari zat besi, dan semua serat makanan serta asam lemak esensial yang hanya tersedia jika beras melewati proses penggilingan yang tepat," ujarnya.

Fakta-fakta ini mungkin tampak mengejutkan, mengingat beras putih merupakan pilihan favorit masyarakat luas.

Beras Merah

Beras merah cenderung lebih sehat dibandingkan dengan beras putih. Beras ini dapat dikonsumsi tanpa menghilangkan bagian kulitnya. Karena pada kenyataannya, kulit beras menyimpan banyak nutrisi dan bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beras merah saat ini sudah mudah dijumpai di berbagai pasar tradisional maupun swalayan.

Menurut Dr. Gargi Sharma, "Beras merah merupakan sumber serat, vitamin B, kalsium, zat besi, mangan, selenium, magnesium dan nutrisi lainnya. Salah satu hal yang membedakan beras merah dengan varian lainnya adalah beras ini diperkaya dengan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas yang merusak dalam tubuh kita," pungkasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini