nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WORLD OSTEOPOROSIS DAY: Vitamin Terbaik untuk Cegah Osteoporosis

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2016 11:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 20 481 1519747 world-osteoporosis-day-vitamin-terbaik-untuk-cegah-osteoporosis-jxiHm3sFh3.jpg Ilustrasi (Foto: Spineuniverse)

HAMPIR semua orang menganggap, untuk mencegah osteoporosis harus memenuhi kebutuhan vitamin D. Namun, sebenarnya, sejumlah vitamin juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang hingga mencegah osteoporosis.

Berikut vitamin yang dibutuhkan untuk mencegah osteoporosis seperti dilansir dari laman Livestrong:

Vitamin A

Vitamin A membantu menjaga penglihatan yang lebih baik dan mendukung pertumbuhan sel. Hal ini memainkan peran penting dalam perkembangan janin dan embrio. Dengan mempertahankan asupan vitamin A yang memadai, tulang, kulit dan selaput lendir Anda tetap sehat.

Vitamin yang larut dalam lemak ini memainkan peran penting dalam penyembuhan luka, fungsi sistem kekebalan tubuh, reproduksi dan pembentukan tulang dan pertumbuhan. Sumber vitamin dapat diperoleh dari buah dan jeruk, sayuran berdaun hijau serta susu yang diperkaya dengan vitamin A.

Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks terdiri dari delapan vitamin yang meliputi B-1, B-2, B-3, B-5, B-6, B-7, B-12 dan folat atau B-9. Vitamin ini membantu tubuh memproduksi energi yang dibutuhkan untuk berfungsi lebih baik.

Vitamin B membantu tubuh Anda dalam pembentukan sel darah merah, yang memasok oksigen ke jaringan tubuh. Makanan yang mengandung vitamin B adalah kacang-kacangan, kacang polong, telur, produk susu, daging, unggas dan ikan.

Vitamin C

Berperan sebagai antioksidan, vitamin C melindungi tubuh terhadap radikal bebas, molekul tidak stabil yang merusak DNA dan meningkatkan risiko proses penuaan, serta perkembangan masalah kesehatan seperti radang sendi, kanker dan penyakit jantung.

Vitamin C bertanggungjawab untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. Tubuh Anda membutuhkan vitamin C untuk memperbaiki dan menjaga tulang serta gigi, juga penyembuhan luka. Vutamin C membantu membuat kolagen, protein penting yang merupakan komponen struktural utama dari tendon, tulang rawan, pembuluh darah, kulit dan ligamen. Makanan seperti melon, stroberi, tomat, kubis, kembang kol, paprika hijau, semangka, pepaya mengandung tinggi vitamin C.

Vitamin E

Sifat antioksidan vitamin E melindungi tubuh Anda dari kerusakan radikal bebas. Vitamin E membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memungkinkan melawan infeksi bakteri dan virus. Ini akan membantu tubuh menggunakan vitamin K, yaitu vitamin pembekuan darah. Makan makanan seperti sereal, biji-bijian, minyak sayur, kacang-kacangan dan sayuran berdaun hijau dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin E.

Vitamin K

Tubuh Anda menyimpan vitamin K dalam jaringan hati dan lemak. Vitamin K memainkan peran penting dalam membantu pembekuan darah dengan baik. Hal ini juga membantu tubuh menggunakan kalsium untuk membangun tulang.

Bukti menunjukkan bahwa nutrisi penting ini mendorong perkembangan tulang yang sehat dan mengurangi risiko parah tulang, menyatakan website UMMC. Makanan yang menyediakan vitamin K adalah sayuran berdaun hijau, kubis, bayam, brokoli, asparagus, teh hijau, lobak hijau, hati sapi, teh hijau dan kale.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini