nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WORLD OSTEOPOROSIS DAY: Ikuti 7 Tips Sederhana Ini untuk Cegah Osteoporosis

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2016 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 20 481 1519978 world-osteoporosis-day-ikuti-7-tips-sederhana-ini-untuk-cegah-osteoporosis-4Kbsl9nhjs.jpg Ilustrasi (Foto: Sheknows)

OSTEOPOROSIS merupakan penyakit yang dapat membuat Anda mengalami pengeroposan tulang hingga patah. Biasanya, osteoporosis terjadi pada wanita ketika melewati usia 40 tahun.

Namun, pria juga dapat mengalami osteoporosis. Jadi, baik wanita maupun pria, perlu melakukan tindakan pencegahan dini terhadap osteoporosis.

Berikut 7 tips yang bisa Anda ikuti untuk mencegah osteoporosis yang dilansir Boldsky:

1. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya kalsium, seperti produk susu, ikan, dan sayuran hijau. Kalsium merupakan mineral penting yang dapat membantu mencegah osteoporosis.

2. Tips untuk mencegah osteoporosis adalah berhenti merokok, jika Anda seorang perokok. Karena, nikotin bisa membuat tulang sangat cepat keropos, sehingga menyebabkan osteoporosis.

3. Pastikan bahwa Anda menghabiskan waktu di bawah sinar matahari. Karena, sinar matahari merupakan salah satu sumber penting dari vitamin D yang diperlukan untuk sintesis kalsium dalam tubuh untuk mencegah osteoporosis.

4. Tips lain untuk mencegah osteoporosis adalah mengurangi minum kopi. Karena, kafein juga terkait dengan perkembangan osteoporosis, terutama pada wanita.

5. Berlatih yoga adalah cara lain untuk mencegah osteporosis yang berkaitan dengan usia. Karena, yoga memiliki kemampuan untuk memperkuat tulang dari dalam, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta membantu tulang menyerap kalsium lebih efektif.

6. Berbicara dengan dokter sebelum mengonsumsi obat. Karena, obat-obatan tertentu yang diresepkan untuk asma dapat menyebabkan arthritis.

7. Tips lain untuk mencegah osteoporosis adalah untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Terlalu kurus atau kelebihan berat badan juga dapat menyebabkan osteoporosis pada banyak orang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini