nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WORLD OSTEOPOROSIS DAY: Ternyata Osteoporosis Bukanlah Sebuah Penyakit

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2016 21:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 20 481 1520432 world-osteoporosis-day-ternyata-osteoporosis-bukanlah-sebuah-penyakit-Y3eCTM9vhr.jpg Osteoporosis bukanlah sebuah penyakit (Foto: Everydayhealth)

OSTEOPOROSIS menandakan kondisi tulang yang mulai mengalami pengapuran. Hal ini bisa dialami oleh siapa saja pada usia 40 tahun ke atas.

Mereka yang mengalami osteoporosis dan tidak menjalankan gaya hidup sehat, bisa saja menyebabkan patah tulang. Namun, perlu diketahui bahwa osteoporosis ini bukanlah sebuah penyakit, melainkan sebuah kondisi yang menggambarkan kepadatan tulang yang mulai berkurang,

"Osteo itu tulang, porosis itu berpori-pori. Jadi, itu tulang yang bolong-bolong, jadi tulangnya keropos. Osteoporosis ditandai dengan adanya pengeroposan kepadatan tulang. Hal ini menyebabkan struktur tiga dimensi struktur tulang tersebut terganggu. Kepadatannya berubah, sehingga pilar-pilarnya menjadi tipis," ujar Dr. dr. Franky Hartono, SpOT(K), sepesialis ortoperdi, dalam diskusi media di sebuah rumah sakit kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (20/10/2016).

Dr Karina Besinga, SpOT(K) menjelaskan, bahwa osteoporosis bukanlah sebuah diagnosis penyakit. Osteoporosis merupakan kumpulan gejala yang semuanya mengarah pada keadaan di mana tulang seseorang mengalami pengurangan kepadatan.

"Kalau kita panas, kita bukan sakit panas. Karena panas itu bisa mewakili 100 penyakit yang menyebabkan panas, sama seperti osteoporosis. Itu bukan suatu diagnosa, tetapi itu banyak keadaan mengapa ia menyebabkan osteoporosis," jelasnya lagi.

Tidak hanya berdiri sendiri, ternyata ada beragam penyakit yang bisa menyebabkan osteoporosis. Biasanya mereka yang sudah lama menderita penyakit kronis, memiliki peluang mengalami osteoporosis.

"Contoh, pada pasien dengan keadaan oobatan lama atau infeksi kronis, bisa jatuh pada keadaan tulang yang keropos. TBC dan kanker yang lama juga bisa menyebabkan tulang keropos. Jadi, osteoporosis adalah kumpulan gejala, bukan diagnosa penyakit," tukasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini