Olahraga Menyenangkan untuk Mencegah Nyeri Lutut

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 21 Oktober 2016 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 21 481 1520861 olahraga-menyenangkan-untuk-mencegah-nyeri-lutut-96oojyyxgw.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

SESEORANG yang mengalami nyeri lutut membuat kualitas hidupnya menurun. Tubuhnya akan terasa tidak nyaman di saat beraktivitas.

Sejak muda, Anda harus mencegah terjadinya nyeri lutut. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan yaitu melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga.

Dokter Spesialis Bedah Saraf dari Jakarta Pain & Pain Center dr Mahdian SpBS mengatakan, setiap orang harus mencegah penyebab terjadinya nyeri lutut. Gerakan apapun yang menyebabkan gesekan atau beban pada lutut sebaiknya dihindari.

"Salah satu contoh yaitu melakukan olahraga sepeda statis. Lutut dapat beraktivitas, tapi badan tidak ada beban," ujarnya saat ditemui di kawasan Warung Buncit, Jakarta Selatan, Jumat (21/10/20160.

Bila tidak ingin melakukan olahraga sepeda statis di dalam ruangan, Anda bisa memilih berenang. Atau bisa dengan berjalan di kolam renang yang juga dapat mencegah nyeri lutut.

"Berenang juga bagus. Beban pada lututnya tidak banyak, tapi bisa melatih otot," tambahnya.

Bahkan, menurut dr Mahdian, dua olahraga menarik ini dapat dilakukan oleh pasien dengan nyeri lutut pasca operasi. Rasa tidak nyaman di bagian lutut yang nyeri akan hilang perlahan-lahan, sehingga membuat Anda kembali nyaman beraktivitas.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini