nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Bijak Memilih Suplemen Kalsium jika Mencintai Tulang Anda

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 21 Oktober 2016 15:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 10 21 481 1521011 tips-bijak-memilih-suplemen-kalsium-jika-mencintai-tulang-anda-fCnikJNx8D.jpg Ilustrasi (Foto: Dailysabah)

MENJAGA asupan kepadatan tulang dengan konsumsi kalsium di usia 30 tahun sangat penting. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium yang tepat. Kepadatan tulang bisa didukung dengan asupan suplemen.

Namun, dalam pemilihan obat atau suplemen perlu diperhartikan dengan jeli soal kandungannya. Seperti yang diutarakan oleh dr Karina Besinga, SpOT(K), spesialis ortopedi, dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk.

"Berbahaya apa enggak? Kalau kita makan obat, obat itu harus selalu diperhatikan bahannya apa. Kalau yang murah itu biasanya sintetis, dibuat secara kimiawi. Yang kedua, ada bahan yang organik," ucap dr Karina di sebuah rumah sakit kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis 20 Oktober 2016.

Biasanya, perbedaan obat atau suplemen sintetis dengan organik terletak pada bahan yang digunakan. Jika dilihat dari segi harga, obat berbahan sintetis dapat diperoleh dengan harga murah, dibandingkan obat organik yang cenderung lebih mahal.

"Apabila kita semakin banyak mengonsumsi bahan yang sintetis adalah bahan yang tubuh enggak kenal. Limbahnya bisa kemana-mana. Kalau bahannya organik, dikenali oleh tubuh, ia gampang untuk diresorpsi dan enggak berbahaya," tambah dr Karina.

Ada baiknya, memilih suplemen kalsium secara bijak, demi kebaikan tulang dan kesehatan Anda. Bagaimanapun, kepadatan tulang di usia 20 tahun ke atas perlu dijaga dengan konsumsi suplemen kalsium.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini