Bakteri di Mulut dan Makanan Mengandung Nitrat Sebabkan Migrain

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 21 Oktober 2016 16:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 21 481 1521114 bakteri-di-mulut-dan-makanan-mengandung-nitrat-sebabkan-migrain-HDSE3ty0Jv.jpg Bakteri di mulut buat makanan memicu migrain (Foto: Livescience)

ORANG yang menderita migrain sering menganggap bahwa makanan tertentu memicu sakit kepala. Tapi, sebuah penelitian baru menunjukkan, penyebab migrain tidak sepenuhnya dari makanan.

Bakteri di mulut dapat memicu seseorang mengalami migrain. Studi ini menemukan, orang dengan migrain menyimpan bakteri lebih banyak di mulut mereka. Bakteri tersebut memiliki kemampuan untuk mengubah bahan kimia yang disebut nitrat.

Beberapa makanan yang memicu migrain mengandung nitrat, di antaranya daging olahan, sayuran berdaun hijau dan obat-obatan tertentu. Para peneliti berhipotesis, memiliki banyak bakteri dalam mulut yang mengubah nitrat, dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang. Bakteri itu membantu mengubah nitrat menjadi oksida nitrat, zat kimia yang diduga memicu sakit kepala.

"Bakteri dalam rongga mulut dapat berperan terhadap banyaknya oksida nitrat dan memicu migrain," tulis para peneliti dalam 18 issue of the journal mSystems, dikutip dari Livescience, Jumat (21/10/2016).

Namun, studi ini hanya baru menemukan antara bakteri dan migrain, artinya belum dapat membuktikan bakteri di mulut menyebabkan migrain. Para penulis mengatakan, mereka berharap penelitian ini memacu studi lain untuk mengetahui bagaimana bakteri di mulut bisa menyebabkan migrain.

"Untuk saat ini, jika orang-orang menduga nitrat memicu migrain, maka mereka harus menghindarinya dalam diet," tutur rekan penulis studi, Antonio Gonzalez, seorang analisis programmer di University of California, San Diego dalam sebuah pernyataan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini