nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Fakta Unik Seputar Apel Belum Banyak Anda Ketahui

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Senin 24 Oktober 2016 14:24 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 24 298 1522896 3-fakta-unik-seputar-apel-belum-banyak-anda-ketahui-vWYRyRR7r3.jpg Fakta unik apel mungkin belum banyak diketahui (Foto: Luwitt)

SEBAGAI dokter dalam bentuh buah, apel termasuk buah yang banyak dikonsumsi. Diluar dari manfaatnya, buah ini memiliki fakta unik yang mungkin tidak banyak diketahu orang. Apa saja itu? Cari tahu yuk.

Dilansir dari TheDailyMeal, Senin (24/10/2016), berikut tiga fakta unik seputar apel yang harus Anda ketahui.

Apel di supermarket mungkin berusia lebih dari 1 tahun

Perkembangan teknologi modern membuat apel memungkinkan disimpan dalam jangka waktu lama tanpa membuatnya matang dan menjadi busuk. Apel membutuhkan banyak waktu untuk didistribusikan ke berbagai daerah sehingga membutuhkan teknik yang canggih untuk membuatnya tetap berkualitas bagus. Oleh karenanya, mungkin apel yang Anda beli dari supermarket sudah berusia satu tahun. Bahkan jenis apel fuji atau apel hijau granny smith bisa bertahan hingga lebih dari 1 tahun.

Rekayasa genetik membuat apel tak browning

Mengupas atau memotong apel dan mendiamkannya dalam udara terbuka selama beberapa waktu akan membuat daging apel berubah menjadi kecoklatan dan tidak menarik lagi. Tapi para ilmuan telah berhasil membudidayakan apel yang ditanam dengan teknologi canggih sehingga tidak akan mengubah warna dagingnya menjadi coklat meski didiamkan dalam waktu cukup lama.

Varietas apel yang disebut Arctic Apple ini akan tetap memiliki warna daging putih meski sudah diiris dan didiamkan lama. Bahkan USDA atau badan keamanan pangan Amerika dusah melegalkan peredaran apel ini. Arctic apple mulai dijual bebas sejak Februari 2015 lalu.

Makan biji apel mematikan tapiā€¦

Memang benar dalam biji apel terkandung zat sianida yang bisa mematikan jika termakan tapi tidak dengan mudah Anda langsung tewas saat makan 1 butir biji apel. Sianida yang terkandung dalam biji apel memiliki jumlah yang sangat rendah. Belum ada juga peristiwa yang menyatakan seseorang meninggal karena alasan menyantap biji apel.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini