nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk, Kenali Festival Diwali di India

Tentry Yudvi, Jurnalis · Rabu 26 Oktober 2016 14:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 10 26 406 1524803 yuk-kenali-festival-diwali-di-india-JRTzJgQ7xX.jpg Foto Persiapan Perayaan Diwali (Foto: AP)

PERAYAAN Diwali menyimpan banyak cerita dan kisah yang menarik untuk budaya, serta kepercayaan masyarakat India.

Layaknya seperti film Bollywood, di mana saat Diwali mereka akan menari dan saling melemparkan serbuk warna-warni demi membuat festival ini semakin berwarna. Memang hal itu menjadi hari bahagia bagi mereka.

Nah, agar kamu ingin menyaksikan perayaan Diwali saat ke India, yuk kenali latar belakang budaya Diwali sendiri. Sebagaimana dikutip Metro, Rabu (26/10/2016).

Apa itu Diwali?

Diwali adalah festival untuk merayakan budaya India dari beragam kepercayaan antara lain Hindu, Sikh, dan Jain. Festival ini biasa dirayakan selama lima hari dengan menyalakan lampu dan lilin.

Cahaya yang menerangi rumah, gedung bahkan toko orang India ini dipercaya bisa mengusir kegelapan dari iblis dan memberikan kesejahteraan, serta kedamaian di tahun baru ini.

Mereka juga memanjatkan doa kepada Dewi Lakshmi untuk meminta kesejahteraan serta kemakmuran.

Bagaimana mereka merayakannya?

Biasanya mereka merayakannya dengan membuat pesta kembang api yang besar untuk merayakan Rama dan istrinya Sita. Ini didesain sebagai simbol kembali Rama setelah 14 tahun diasingkan, dan Raja Ravana dijatuhkan.

Sementara itu, rumah mereka biasanya dinyalakan dengan lampu minyak tradisonal untuk membantu Dewi Laksmi menemukan jalannya. Dan, mereka akan bertukar makanan, serta hadih ke sesama teman.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini