Awas, Polusi Udara Memicu Penyakit yang Lebih Mematikan dari Hipertensi

Dinno Baskoro, Jurnalis · Rabu 26 Oktober 2016 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 10 26 481 1524985 awas-polusi-udara-memicu-penyakit-yang-lebih-mematikan-dari-hipertensi-n8NG30ghtg.jpg Ilustrasi (Foto: Nytimes)

BUKAN lagi rahasia jika polusi udara berdampak buruk pada kesehatan. Salah satunya dapat memicu tekanan darah tinggi.

Dari laporan European Heart Journal, masyarakat urban yang terpapar polusi udara secara konstan dapat meningkatkan risiko hipertensi. Perlu diketahui, hipertensi sendiri merupakan faktor risiko penyebab penyakit mematikan.

Sebuah studi dilakukan oleh 33 ahli yang dipimpin Barbara Hoffmann, seorang profesor di Heinrich Heine University di Dusseldorf, Jerman. Mereka memantau kehidupan dan kondisi kesehatan 41.071 orang di Norwegia, Swedia, Denmark, Jerman dan Spanyol selama lima sampai sembilan tahun.

Di saat yang sama, peneliti memeriksa kualitas udara setiap tahun dengan mengukur materi partikel berbeda yang terpapar di udara. Peneliti melihat setiap kenaikan lima mikrogram partikel kecil pada udara meningkatkan lima kali risiko hipertensi.

Selama penelitian, 15 persen orang atau sekira 6.207 yang diteliti ternyata sadar akan hal tersebut dan mengambil langkah pengobatan hipertensi.

Dikutip Asiaone, Rabu (26/10/2016). Polusi udara juga diperkirakan memengaruhi kesehatan jantung, pembuluh darah, penyebab peradangan, hingga ketidakseimbangan sistem saraf.

"Temuan kami menunjukkan bahwa paparan jangka panjang untuk partikel polusi udara dikaitkan dengan risiko penyakit lain yang lebih berbahaya dari hipertensi," ungkap Hoffmann dalam sebuah pernyataan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini