nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Fungsi Ajaib Apel Selain Dimakan

Santi Andriani, Jurnalis · Senin 31 Oktober 2016 16:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 10 31 298 1529075 3-fungsi-ajaib-apel-selain-dimakan-xMJ7OaNxVI.jpg Fungsi apel selain dimakan (Foto:Tastingtable)

APEL tak sekadar lezat dan menyehatkan, buah cantik ini punya banyak manfaat. Selain untuk perawatan kecantikan kulit seperti untuk masker, Anda bisa menggunakan apel untuk berbagai hal lainnya yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Menjaga tekstur roti dan kue tetap lembut

Jika roti atau kue Anda tidak langsung habis dalam satu hari dan tetap ingin teksturnya lembut dan tidak kering, maka apel adalah jawabannya. Anda bisa menggunakan apel untuk menjaga kelembutan roti atau kue Anda. Caranya?

Potong tipis apel sebanyak dua atau tiga potongan atau Anda bisa juga menggunakan setengah apel. Kemudian masukkan dalam wadah di mana Anda menyimpan roti atau kue Anda, tutup rapat dan roti pun tetap memiliki tekstur yang lembut. Kelembaban apel akan menjaga roti atau kue tetap lembut. Tapi pastikan Anda menggunakan wadah yang kedap udara.

Melembutkan kembali gula merah kristal yang menggumpal

Gula merah kristal mudah sekali menggumpal sehingga ini akan menyusahkan ketika hendak menggunakannya. Jangan khawatir selama Anda memiliki apel di rumah. Caranya dengan memotong apel dan bungkus dengan sealed bag. Kemudian masukkan ke dalam wadah penyimpanan gula merah, dalam beberapa hari gula merah yang menggumpal akan kembali lembut seperti sedia kala.

Mematangkan buah yang masih mentah

Sekali lagi apel memiliki fungsi yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya. Apel bisa membantu mematangkan buah yang masih mentah ketika Anda membelinya. Caranya?

Tempatkan buah mentah seperti pisang, alpukat, tomat dalam kantong kertas dengan apel di dalamnya. Dalam beberapa hari buah akan menunjukkan kematangannya.

Hal ini disebabkan karena apel memiliki kandungan ethylene yakni gas yang bisa mempercepat pematangan. Demkian seperti dilansir dari Delish dan Treehugger, Senin (1/11/2016).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini