nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Solusi Bapak Rumah Tangga yang Ingin Bekerja

Agregasi Qerja.com, Jurnalis · Selasa 01 November 2016 17:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 11 01 196 1530133 solusi-bapak-rumah-tangga-yang-ingin-bekerja-PfmyGMAKNh.jpg Ilustrasi (Foto: Flickr)

BAPAK rumah tangga ingin kembali ke dunia kerja akan menghadapi berbagai tantangan. Salah satunya adalah pandangan miring dari masyarakat. Mereka akan bertanya-tanya, kenapa seorang pria harus meninggalkan karier demi mengurus rumah dan anak-anak? Stigma negatif terkadang meruntuhkan semangat Anda untuk mendapat pekerjaan lagi.

Namun, jika Anda sudah memiliki tekad bulat untuk mendapatkan pekerjaan kembali, maka Anda harus mengabaikan cibiran orang. Tetaplah fokus untuk mencari pekerjaan. Berikut 5 tips untuk bapak rumah tangga yang ingin kembali bekerja seperti dikutip dari snagjob.com.

Memoles resume

Anda paham bahwa resume adalah salah satu berkas penting untuk melamar kerja. Namun, apakah Anda mengetahui hal apa saja yang harus dimasukkan dalam curriculum vitae? Anda bisa memasukkan daftar kerja sosial yang dilakukan selama menjadi bapak rumah tangga ke dalam kolom pengalaman kerja. Anda juga boleh menyebutkan keterlibatan pada aktivitas ekstrakurikuler anak-anak. Informasi ini akan menunjukkan bahwa Anda tetap aktif selama berhenti dari pekerjaan formal. Selain itu, perusahaan akan melihat Anda sebagai orang yang berpengetahuan luas.

Jika Anda tidak memiliki pengalaman apapun, maka sekarang saatnya keluar rumah untuk menjadi relawan di bidang yang Anda geluti. Jika Anda seorang programmer, Anda bisa membuat program atau sistem untuk memudahkan pekerjaan di sebuah yayasan atau perusahaan kecil. Kegiatan ini bisa dihitung sebagai pengalaman kerja yang bisa Anda banggakan di hadapan manajer perekrutan. Selain itu, aktivitas ini bisa mengasah keterampilan Anda dan menambah jaringan.

Sebagai tambahan, Anda bisa mengikuti pelatihan untuk mengasah keterampilan menggunakan komputer atau kemampuan manajemen. Perusahaan akan melihat berbagai kegiatan yang Ada lakukan selama tidak bekerja. Hal ini akan membuat resume Anda semakin bersinar.

Jujur

Anda harus jujur dan mengatakan pada manajer perekrutan bahwa selama beberapa tahun terakhir menjadi bapak rumah tangga dan mengurus anak-anak. Anda bisa memasukkan “pengalaman” ini pada berkas resume. Perusahaan akan mengapresiasi dedikasi Anda.

Anda bisa menekankan bahwa telah belajar banyak hal selama menjadi bapak rumah tangga. Kesabaran, manajemen waktu dan keterampilan organisasi Anda pasti meningkat selama mengurus rumah dan anak-anak. Justru dengan menunjukkan kekuatan sebagai bapak rumah tangga, Anda membuktikan pada perusahaan bahwa Anda terus belajar dan bisa menjadi aset terbaik untuk tim.

Hubungi orang-orang pada jaringan Anda

Anda mungkin merasa tidak nyaman saat memberi tahu semua orang bahwa Anda sedang butuh pekerjaan. Tapi, percayalah bahwa semakin banyak orang yang Anda hubungi, semakin banyak pula kesempatan kerja yang akan menghampiri. Mereka akan mencoba mencari tahu apakah perusahaannya butuh seorang ahli seperti Anda. Maka, hubungi sahabat, teman lama, dan orang tua dari teman anak Anda yang mungkin punya informasi tentang lowongan kerja.

Anda juga bisa menghubungi perusahaan yang telah Anda tinggalkan beberapa tahun lalu. Jika Anda resign secara baik-baik, mungkin mereka akan membuka pintu untuk menerima Anda kembali. Jika saat ini sedang tidak ada lowongan di perusahaan tersebut, suatu hari nanti mereka akan mengingat Anda sebagai kandidat utama untuk mengisi posisi yang kosong.

Terlibat dalam organisasi profesi

Salah satu cara untuk membuat jaringan teman baru adalah dengan mengikuti organisasi profesi. Hal ini akan menbuat Anda mengenal banyak orang yang ahli dalam bidang yang sama. Mungkin saja mereka tahu lowongan pekerjaan yang bagus untuk Anda. Biasanya, pengurus organisasi akan mengumumkan informasi lowongan kerja di situs mereka atau menyebutkannya saat pertemuan resmi.. Selain itu, pengalaman sebagai pengurus organisasi akan membuat resume Anda tampak bersinar.

Bersabar

Mencari pekerjaan memang bukan hal gampang, apalagi jika Anda pernah menganggur sebelumnya. Tapi, Anda bisa membuat hal ini menjadi lebih mudah dengan cara membuat perencanaan waktu untuk perburuan lowongan kerja. Anda juga harus pantang menyerah selama masa pencarian ini.

Mungkin Anda sulit mendapat posisi yang sama seperti saat meninggalkan pekerjaan beberapa tahun lalu. Maka, Anda tidak boleh membatasi diri dan ngotot untuk mendapatkan posisi menengah di perusahaan. Anda bisa memulai meniti karier dari level terbawah. Kemudian tunjukkan pada perusahaan bahwa Anda adalah pegawai yang berbakat dan berdedikasi tinggi. Dengan begitu, Anda bisa mendapat promosi lebih cepat dari yang dibayangkan.

(tty)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini