nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masakan Keasinan? Begini Trik Menyiasatinya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 01 November 2016 13:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 11 01 298 1529839 masakan-keasinan-begini-trik-menyiasatinya-vW1qBvNCw3.jpg Cara menyiasati masakan yang keasinan (Foto: Shutterstock)

MEMASAK merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan. Apalagi jika hasil masakan Anda digemari keluarga maupun teman-teman terdekat.

Namun, bukan tidak mungkin dalam proses pengolahannya Anda melakukan sejumlah kesalahan, salah satunya saat memberikan bumbu penyedap. Ini cukup krusial karena akan berdampak pada citarasa hidangan.

Jika hal tersebut tidak dapat Anda hindari, ada sejumlah cara mudah untuk menyiasatinya, seperti dilansir dari Real Simple, Selasa (1/11/2016).

Menetralisir rasa pedas

Ada beberapa cara mudah untuk menetralisir rasa pedas berlebih pada suatu hidangan. Sara Moulton, seorang koki profesional mengatakan bahwa gula merupakan jawabannya. Anda bisa menambahkan 1/2 sendok teh gula untuk mengurangi rasa pedas yang berlebihan. Menurut Brendan Walsh, seorang dekan di Culinary Institue of America, jika hidangan yang Anda buat berbentuk tumisan sebaiknya Anda menambahkan tepung sayuran ke dalamnya. Namun, jika hidangan berbahan dasar daging, Anda dapat menambahkan beberapa daging agar rasa pedas dapat terserap seluruhnya.

Menetralisir rasa asin

Mendapati rasa makanan yang terlalu asin mungkin sering Anda alami. Tak perlu kecewa karena Anda masih bisa mengakalinya dengan beberapa cara mudah. Salah satunya adalah dengan menambah bahan utama masakan. Cara ini ampuh untuk beberapa jenis hidangan seperti sup, semur dan hidangan rebus lainnya. Jika hal ini terjadi pada hidangan berbahan dasar daging, satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan hanyalah menyajikan hidangan tersebut dengan gandum tawar, nasi putih, dan kentang rebus.

Menurut Alicia Walter, seorang chef di La Scuola di Eataly, menyantap daging bersamaan dengan sesendok gandum tawar dapat mengurangi tingkat keasinan. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk memasak hidangan pelengkap tersebut, Anda bisa mengakalinya dengan meminum anggur bersoda atau champagne. Gelembung-gelumbung soda dapat membersihkan kadar garam yang menempel di langit-langit mulut Anda.

Memotong bawang tanpa mengeluarkan air mata

Masukkanlah bawang terlebih dahulu ke dalam kulkas sebelum Anda memotongnya. Suhu dingin mampu memperlambat pembentukan senyawa sulfur yang dilepaskan ketika bawang dipotong. “Jika bawang dipotong dengan cepat, Anda mungkin tidak akan mengeluarkan air mata sama sekali” tutur Susan Percival, Ketua Departemen Ilmu Makanan dan Nutrisi Manusia di University of Florida.

Hal yang harus diperhatikan adalah pisau yang digunakan harus benar-benar tajam. Jika pisau Anda tumpul atau bergerigi, dampaknya dapat merusak dinding sel bawang sehingga iritiasi mata kemungkinan besar akan terjadi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini