Sering Kesemutan dan Demam? Waspadai Sindrom Guillain Barre

Dinno Baskoro, Jurnalis · Selasa 01 November 2016 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2016 11 01 481 1529593 sering-kesemutan-dan-demam-waspadai-sindrom-guillain-barre-ZVw1Q68gp9.jpg Ilustrasi (Foto: Healthline)

PERNAH dengar istilah Sindrom Guillain Barre? Penyakit ini merupakan suatu kondisi langka di mana sistem kekebalan tubuh menyerang saraf.

Hal itu mengakibatkan lemahnya otot bahkan kelumpuhan. Penyebab utama sindrom ini adalah infeksi virus dan bakteri.

Jika ditelisik lebih lanjut, Sindrom Guillain Barre merupakan gangguan autoimun yang menyerang sel saraf sehat dalam sistem perifer. Kesemutan bisa menjadi salah satu indikasi sindrom tersebut yang kemudian ditandai gejala sesak napas, batuk hingga demam.

Berdasarkan data yang dihimpun Center of Disease Control and Prevention (CDC). Sekira dua pertiga orang yang terserang sindrom tersebut sempat sakit diare atau infeksi pernafasan sebelumnya.

Disinyalir, bakteri kampilobakter yang jadi pemicu Sindrom Guillain Barre. Kondisi yang terjadi, sistem imun tidak tepat sasaran sehingga malah menyerang sistem saraf.

Dikutip Healthline, Selasa (1/11/2016). Gejala awal kesemutan biasanya bermula dari jari-jari kaki, menjalar ke telapak hingga menyebar ke atas. Beberapa orang mengalami sindrom yang cukup parah karena kondisinya bisa memburuk dalam waktu beberapa jam saja.

Dari laporan National Institute of Neurological Disorders and Storke. Sindrom Guillain Barre termasuk penyakit langka. Perbandingannya hanya 1 dari 100.000 orang di Amerika.

Diketahui, tidak ada obat untuk sindrom ini. Namun pengobatan yang dijalani hanya dapat mengurangi gejala sindrom tersebut semakin parah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini